HUBUNGAN MENGIKUTI KAJIAN RUTINAN DENGAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANGGOTA KELOMPOK GERAKAN PEMUDA ANSHOR DESA ADISANA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Binti, Farikhah (2023) HUBUNGAN MENGIKUTI KAJIAN RUTINAN DENGAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANGGOTA KELOMPOK GERAKAN PEMUDA ANSHOR DESA ADISANA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI_BINTI FARIKHAH.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2040.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sekelompok Gerakan Pemuda Anshor Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas, yang mengadakan kegiatan kajian rutinan. Anggota terdiri dari beberapa latar belakang yang berbeda. Dan mereka hidup di Tengah banyaknya agama lain, akan tetapi mereka memiliki semangat tinggi untuk mengikuti kajian rutinan. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara mengikuti kajian rutinan dengan kesadaran beragama pada kelompok Gerakan Pemuda Anshor Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan anggota kelompok Gerakan Pemuda Anshor Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dihasilkan nilai r hitung = 0,379, kemudian diujikan dengan taraf signifikansi 5%, diketahui r_hitung taraf signifikansi 5% dengan N = 36 yaitu 0,329. Maka dapat disimpulkan r_hitung > r_tabel (0,379 > 0,329). Sedangkan ketika diujikan dengan taraf siginifikansi 1%, diketahui r_hitung taraf signifikansi 1% dengan nilai N = 36 yaitu 0,424. Maka dapat disimpulkan r_hitung < r_tabel (0,379 < 0,424). Karena hanya diterima pada salah satu taraf signifikansi yaitu pada taraf signifikansi 5%, maka tingkat korelasi kedua variabel pada tingkat koefisiensi korelasi “rendah”. Maka hipotesis penelitian yang diajukan (Ha) berbunyi “ Terdapat Hubungan Kajian Rutinan terhadap tingkat kesadaran beragama kelompok Gerakan Pemuda Anshor Desa Adi sana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas “ diterima. Jadi, berdasarkan data hasil responden, mengikuti kegiatan kajian rutinan memiliki hubungan dengan kesadaran beragama pada kelompok Gerakan Pemuda Anshor Desa Adisana Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Maka, semakin sering mengikuti kegiatan kajian rutinan maka kesadaran beragama juga akan meningkat meskipun rendah. Kata Kunci : mengikuti kajian rutinan, kesadaran beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mengikuti kajian rutinan, kesadaran beragama
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.4 Do'a dan Zikir
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: BINTI FARIKHAH sdri
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:20
Last Modified: 09 Oct 2023 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item