INISIATIF WARGA DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN MASYARAKAT DUSUN KEMBAR MELALUI KONSERVASI ALAM PANTAI KEMBAR TERPADU

Amelia Nurul, Aisyah (2023) INISIATIF WARGA DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN MASYARAKAT DUSUN KEMBAR MELALUI KONSERVASI ALAM PANTAI KEMBAR TERPADU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia Nurul Aisyah_Inisiatif Warga Dalam Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Dusun Kembar Melalui Konservasi Alam Pantai Kembar Terpadu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Inisiatif warga dalam penanggulangan masyarakat Dusun Kembar dilatarbelakangi dengan berbagai kondisi masyarakat, seperti banyak terjadi kriminalitas, keterbatasan pendidikan, dan kemiskinan. Kemiskinan masyarakat pesisir Dusun Kembar memiliki bentuk-bentuk kemiskinan yaitu kemiskinan kultural, kemiskinan yang disebabkan karena rutinitas negatif masyarakat, kemiskinan masyarakat geografis yaitu kemiskinan yang disebabkan masyarakat tidak sadar akan kondisi alam, dan kemiskinan struktural yaitu kemiskinan yang disebabkan karena banyak terjadi pembangunan infrastruktur yang tidak memihak lingkungan sehingga dari berbagai kondisi tersebut Pak Parjiman dan Pak Muji berinisiatif mencari pendamping untuk merumuskan berbagai masalah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi alam yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi bentuk dan sebab-sebab kemiskinan serta inisiatif warga dalam penanggulangan kemiskinan masyarakat melalui konservasi alam pantai kembar terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penanggulangan kemiskinan masyarakat Dusun Kembar dengan berinisiatif untuk mencari pendamping yang semua itu tak lepas dari adanya modal sosial atau hubungan kerja sama. Inisiatif warga penanggulangan kemiskinan masyarakat Dusun Kembar dinilai berhasil karena memberikan dampak positif kepada warga masyarakat seperti dapat berjualan, dan melakukan kegiatan publik. Kata Kunci : Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Konservasi Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Konservasi Alam.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amelia Nurul Aisyah sdri
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:23
Last Modified: 17 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item