POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PAC IPNU-IPPNU KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ORGANISASI

Dini, Septianingsih (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PAC IPNU-IPPNU KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ORGANISASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dini Septianingsih_Pola Komunikasi Organisasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam organisasi sangatlah dibutuhkan. Karena dengan adanya komunikasi yang baik maka tujuan dari organisasi tersebut pasti akan terwujud. Dalam organisasi pasti setiap anggotanya memiliki tingkatan peran yang berbeda, sehingga proses menyampaikan atau menerima baik pesan, ide maupun gagasan kepada atasan atau bawahan tersampaikan dengan baik atau tidak. Peneliti dalam peneitian ini menggunakan teori De Vito yaitu pola komunikasi Y. Jenis penelitian yang dignakan adalah peneitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola komunikasi organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara dalam mempertahankan eksistensi organisasi. Metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pola komunikasi Y dipakai dalam orgnisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Susukan. Selain itu, peneliti menemukan pola komunikasi lain yang juga digunakan yaitu pola komunikasi bintang atau saluran yang mana pola komunikasi tersebut lebih sering digunakan dalam forum atau pada saat berdiskusi. Pola komunikasi dalam organisasi ini tidak mempengaruhi eksistensi organisasi akan tetapi adanya hambatan komunikasi organisasi di PAC IPNU-IPPNU yaitu hambatan semantik, hambatan manusiawi berupa kepribadian, usia, dan terakhir hambatan sosio-antro-psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Eksistensi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dini Septianingsih sdri
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:59
Last Modified: 04 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21809

Actions (login required)

View Item View Item