MAKNA PEMBACAAN QS. AL-QADR SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN (STUDI LIVING QUR’AN DI MAJELIS TA’LIM NURUL BAROKAH WINONG BANYUMAS)

Syifareona, Jilandwa (2023) MAKNA PEMBACAAN QS. AL-QADR SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN (STUDI LIVING QUR’AN DI MAJELIS TA’LIM NURUL BAROKAH WINONG BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYIFAREONA JILANDWA 1917501048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Framing QS. Al-Qadr yang kebanyakan orang atau pada umumnya membahas tentang malam kemuliaan. Berbeda dari umumnya, framing ayat tersebut oleh ustadz Muhammad Thoriq Asrori pemimpin majelis Ta’lim Nurul Barokah Winong Banyumas. Ayat-ayat tersebut dipahami dan diekspresikan dengan praktik pengobatan alternatif dengan menggunakan QS.Al-Qadr. Fenomena ini bisa ditangkap melalui kajian yang disebut living Qur’an. Dalam berbagai penelitian terdahulu sudah banyak sekali kajian mengenai living Qur’an dalam bentuk pengobatan, akan tetapi dalam penelusurannya tidak ada pengobatan yang melibatkan surah Al-Qadr sebagai praktik pengobatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah (field research) yang didalamnya menggunakan metode kualitatif dengan adanya partisipasi dan juga pengamatan dari peneliti secara langsung dalam bentuk sosial dari suatu objek penelitian. Yang peneliti sendiri melakukan pengamatan terhadap objek penelitian dengan melakukan interaksi selama beberapa bulan di dalam mempelajari dari kebiasaan dan kehidupan aktor. Berdasarkan penelitian yang didapat, diketahui bahwasanya dalam mujahadah di Majelis Ta’lim Nurul Barokah Banyumas ini terdapat pengobatan yang dilaksanakan setelah kegiatan mujahadah selesai, pengobatan ini menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an yang didalamnya terdapat QS.Al-Qadr yang dapat dijadikan sebagi bacaan yang menjadi obat bagi orang yang sakit. Kemudian banyak sekali dampak positif yang didapat dari kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari makna perilaku yang di rasakan oleh para aktor. Makna tersebut diungkap melalui makna perilaku yang digagas oleh tokoh Karl Mennheim yakni makna objektif, makna ekspresif dan makna dokumenter. Kata Kunci: QS. Al-Qadr, Alternatif Pengobatan, Karl Menheim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: QS. Al-Qadr, Alternatif Pengobatan, Karl Menheim
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.11 Asbabun Nuzul
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.2 Kumpulan hadits/ Musnad / Sunan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Syifareona Jilandwa sdr
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:17
Last Modified: 02 Oct 2023 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item