Pengambangan Ilmu Berbasis Epistemologi Modernisme dan Postmodernisme

Lutfi Sarif, Hidayat Pengambangan Ilmu Berbasis Epistemologi Modernisme dan Postmodernisme. Pengambangan Ilmu Berbasis Epistemologi Modernisme dan Postmodernisme, - (-). ISSN -

[img]
Preview
Text
Pengembangan Ilmu Berbasis Epistemologi Modernisme dan Postmodernisme.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://eternanews.com

Abstract

Disadari atau tidak, diakui atau tidak dan dipercaya atau tidak hingga saat ini umat manusia telah berada pada level kehidupan dengan berbagai macam kompleksitasnya dalam ilmu pengetahuan. Manusia sudah mampu menemukan sebagian rahasia yang ada di alam dengan melihat setiap gejala-gejala yang ada. Pada perkembangannya dikenal dengan sebuah disiplin natural sciences. Dengan jenis pengetahuan ini, manusia sekarang bisa menjawab sebagian fenomena yang terjadi di alam. Ilmu ini pada akhirnya memberikan pelbagai manfaat bagi kehidupan umat manusia. Selain itu pada saat yang sama perkembangan terhadap disiplin ilmu ini pun memberikan dampak merusaknya, seperti apa yang terjadi pada saat perang dunia dulu ataupun sekarang-sekarang ini. Sebagai contoh tekonologi bom atom ataupun nuklir yang kesemuanya adalah bagian dari penemuan dalam pengetahuan ini. Termasuk juga adanya segala ekspolitasi yang terjadi pada alam, juga ada andil dari berkembangnya pengetahuan ilmuah ini. Ilmu pengetahuan pun pada akhirnya lahir dalam memberikan alternatif jawaban terhadap apa yang terjadi pada interaksi-interaksi antar umat manusia. Lahirlah apa yang disebut dengan social sciences. Sama dengan ilmu yang disebutkan sebelumnya, ilmu yang masuk dalam disiplin ilmu sosial juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jalannya pola kehidupan manusia. Lahirlah kemudian ilmu pengetahuan terhadap manusia itu sendiri seperti psikologi, sosiologi, antropologi dan lainnya. Dalam ukuran yang lebih luas lagi muncullah imu ekonomi yang mengatur aspek pemenuhan kebutuhan material manusia dengan menggunakan potensi sumber-sumber ekonomi yang ada. Baik dari pengetahuan ilmiah tentang alam maupun sosial ada yang juga sangat penting selain dari aspek manfaat atau kegunaan ilmu tersebut. Hal yang penting lainnya adalah bagaimana kemudian pengetahuan itu lahir dan mampu memberikan pengaruhnya pada kehidupan manusia. Proses seperti apa yang kemudian dilewati sehingga pengetahuan-pengetahuan tersebut bisa tersusun, tersaji dan pada akhirnya manusia mempelajari serta menggunakannya. Itulah yang disebut dengan epistemologi atau teori pengetahuan. Dari sinilah muncul urgensitas untuk belajar seperti apa itu epistemologi. Memahami tentang topik ini tentulah akan sangat panjang lebar dan penuh dengan kerumitan tersendiri. Sehingga pada tulisan ini, hanya akan dibatasi pada beberapa pembahasan epistemologi seperti modernisme, postmodernisme serta bagaimana Islam dalam melihat ilmu pengetahuan. Selamat membaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: modernisme dan postmodernisme
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 121 Epistemology (Theory of knowledge)
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.12 Epistemologi
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfi Sarif Hidayat
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:50
Last Modified: 23 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item