PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM ASPIKMAS DI PURWOKERTO)

AMELIA PUTRI, MAULIDIYAN (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM ASPIKMAS DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AMELIA PUTRI MAULIDIYAN_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN UMKM ASPIKMAS DI PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari peran UMKM. Berkembangnya UMKM berdampak positif terhadap jumlah tenaga kerja, mengurangi kemiskinan dan juga meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Namun, terlepas dari dampak positif yang ditimbulkan oleh keberadaan UMKM, pada umumnya UMKM masih menghadapi banyak kendala untuk pengembangannya, antara lain kurangnya tenaga kerja atau sumber daya manusia terampil, rendahnya pendidikan atau keterampilan, akses informasi dan teknologi yang belum menyeluruh serta permodalan yang buruk sehingga hal ini dapat menghalangi berdirinya kelangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, financial technology dan inklusi keuangan terhadap keberlangsungan UMKM ASPIKMAS di Purwokerto. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik probabillity sampling dengan pendektan simple random sampling. Populasi sebanyak 576 pelaku UMKM dengan perhitungan sampel rumus slovin menghasilkan sebanyak 85 responden dari UMKM ASPIKMAS di Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan Uji Rank Spearman, Uji Kendall‟s W dan Regresi Ordinal menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa literasi keuangan, financial technology dan inklusi keuangan secara simultan berpengaruh terhadap kebelangsungan UMKM ASPIKMAS di Purwokerto. Kata Kunci: Literasi Keuangan; Financial Technology; Inklusi Keuangan; Keberlangsungan Usaha; UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Financial Technology, Inklusi Keuangan, Keberlangsungan Usaha, UMKM.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 661 Industrial chemicals technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amelia Putri Maulidiyan sdri
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:10
Last Modified: 02 Oct 2023 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21793

Actions (login required)

View Item View Item