Ali Imron, Thoyibi (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA MAN 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Ali Imron Thoyibi_PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA MAN 2 BANYUMAS (1).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Matematika sebagai pelajaran yang berguna untuk perkembangan pemikiran seperti ide, proses, serta nalar yang berkaitan dengan opini ataupun fakta. Dalam pembelajaran matematika, berpikir menjadi proses penting di dalamnya, dimana siswa diharapkan dapat berpikir secara deduktif. Siswa diminta untuk memahami konsep dari materi yang telah disampaikan dengan sikap yang aktif dan sadar, atau disebut sebagai disposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI MIPA MAN 2 Banyumas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak 243 siswa, diambil 153 siswa sebagai sampel dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dimana data diperoleh dengan menyebarkan instrumen penelitian berupa angket dan tes. Teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Sebelum uji analisis dilakukan, data melalui uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji keberartian regresi, dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebesar 12,6%. Diperoleh juga persamaan regresi yaitu Ŷ = 8,325 + 0,730X yang menunjukan bahwa nilai koefisien regresi bertanda positif yang berarti jika disposisi matematis (X) meningkat 1 unit maka kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (Y) akan bertambah 0,730 unit.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif, Disposisi, Disposisi Matematis, Kemampuan Matematis, Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 545 Quantitative analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ali Imron Thoyibi |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21788 |
Actions (login required)
View Item |