Upaya Kelompok Usaha Bersama Cendana Sari Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Melalui Komoditas Kopi Melung (Kopilung) Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Putro Dwiyanto, Imam (2023) Upaya Kelompok Usaha Bersama Cendana Sari Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Melalui Komoditas Kopi Melung (Kopilung) Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Imam Putro Dwiyanto 1717104017 (PMI).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kontribusi komoditas kopi melung (Kopilung) dalam meningkatkan kesejahteraan warga di KUBE Cendana Sari Desa Melung merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk memanfaatkan potensi lokal agar bisa terkelola dengan baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan dan keterampilan dalam bidang usaha, yang dibuktikan dengan adanya kegiatan produksi kopi untuk diperjualbelikan dan tumbuhnya keberanian untuk bisa membuka usahanya secara mandiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu kualitatif dengan pendekatan lapangan, data dan informasi yang peneliti peroleh didapat melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu teknik analisis data yang menjelaskan atau mendeskripsikan datanya dengan lebih simpel dan mudah dipahami, seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa KUBE yang ada di Desa Melung memiliki peran dan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat terutama pada usaha produksi kopi melung, melalui KUBE masyarakat memiliki kesempatan sosial untuk bisa maju dan berkembang, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan serta keterampilan dalam bidang usaha. Adapun temuan yang di dapatkan peneliti yaitu terdapat perselisihan antar anggota kelompok KUBE yang hal tersebut menjadi salah satu kendala untuk KUBE dapat maju dan berkembang. Temuan lainya adalah belum terpenuhinya kebutuhan sosial seperti tidak adanya jaminan kesehatan dan pendidikan untuk anggota kelompok KUBE yang ada di Desa Melung, belum terciptanya interaksi yang harmonis antara sesama anggota kelompok KUBE, belum bisa mencukupi kebutuhan fisik seperti papan, pangan, dan sandang yang disebabkan oleh pendapatan yang tidak stabil dan tergolong kecil sehingga belum bisa menjamin kesejahteraan anggota kelompok KUBE yang ada di Desa Melung. Kata Kunci: Kelompok Usaha Bersama Cendana Sari, Kesejahteraan Warga, Komoditas Kopi Melung (Kopilung).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Usaha Bersama Cendana Sari, Kesejahteraan Warga, Komoditas Kopi Melung (Kopilung).
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: IMAM PUTRO DWIYANTO sdr
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:24
Last Modified: 18 Sep 2023 07:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21781

Actions (login required)

View Item View Item