IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Neni, Dwi Handayani (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Neni Dwi Handayani_Implementasi Metode Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MI Istiqomah Sambas Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode pembiasaan keagamaan merupakan suatu metode pendidikan untuk menanamkan karakter pada diri anak yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik terbiasa melakukan kebiasaan tersebut. Pembentukan karakter dengan pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan dilakukan sedemikian rupa sehingga menjadi permanen dan menciptakan karakter positif pada diri anak. Di zaman sekarang yang semakin modern dibutukan generasi muda yang tidak hanya cerdas intelektual, namun juga harus memiliki karakter yang baik tertanam dalam jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendeskripsikan keberhasilan dalam membentuk karakter siswa melalui implementasi pembiasaan keagamaan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam pembentukan karakter siswa di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh gambaran tentang Implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam pembentukan karakter siswa di MI Istiqomah Sambas Purbalingga yaitu semua siswa dibiasakan dengan pembiasaan keagamaan atau pembiasaan yang dilaksanakan setiap hari yang meliputi: shalat dhuha berjamaah, tahfidzul quran, baris dan berjabat tangan dengan guru, ucap salam, membaca doa, shalat dhuhur berjamaah, infak setiap hari jumat. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa antara lain, karakter islami ibadahnya itu benar (ibadah shahihah), akidahnya lurus (aqidah salimah) dan akhlaknya mulia (akhlakul karimah). Karakter lain yang terbentuk yaitu religius, jujur, disiplin, santun, tanggung jawab, dan peduli sosial. Kata Kunci: Metode Pembiasaan Keagamaan, Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan Keagamaan, Karakter Siswa
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NENI DWI HANDAYANI sdri
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:31
Last Modified: 19 Sep 2023 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21768

Actions (login required)

View Item View Item