KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 MREBET

Nur Dwi, Lestari (2023) KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV DI SD NEGERI 1 MREBET. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Dwi Lestari_Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran Mateamatika Pada kelas IV di SD Negeri 1 Mrebet.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menerapkan variasi pembelajaran merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang guru dalam mengajar agar dapat mengelola pembelajaran secara aktif, efektif dan efisien. Keterampilan menerapkan variasi pada pembelajaran merupakan bentuk implementasi keprofesionalan yang dimiliki sorang guru. Tujuan dari penerapan variasi pada proses pembelajaran adalah untuk mengatasi kebosanan siswa pada saat pembelajaran, untuk meningkatkan motivasi serta meningkatkan keaktifan siswa, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil penelitian mengenai keterampilan guru dalam menerapkan variasi pada pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Mrebet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru/wali kelas IV, dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Mrebet. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obsrvasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisi data peneliti menggunakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa variasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok di SD Negeri 1 Mrebet, yaitu: 1) Varisai gaya mengajar, meliputi variasi suara dengan penekanan kata penting, pemusatan perhatian dengan lisan dan isyarat, membuat kesenyapan sejenak, mengadakan kontak pandang, variasi gerak badan dan mimik. 2) Variasi penggunaan media dan bahan pelajaran melalui variasi media visual seperti modul, bentuk bangun ruang kubus dan balok, variasi media audio visual berupa video pembelajaran yang ditampilkan melalui LCD Proyektor. 3) Variasi pola interaksi dan kegiatan yaitu pola interaksi dengan jenis komunikasi multi arah dan variasi kegiatan seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, pengamatan atau pemberian informasi melalui media gambar, video, benda disekitar, ataupun dengan media lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menerapkan Variasi, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Dwi Lestari sdri
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:13
Last Modified: 05 Sep 2023 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21752

Actions (login required)

View Item View Item