Analisis Pendekatan Pembiayaan Pendidikan

Arsyad, Riyadi and Nurfuadi, Nurfuadi (2023) Analisis Pendekatan Pembiayaan Pendidikan. In: Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan. UNSPECIFIED, Muaro Bungo, Jambi, pp. 161-167.

[img]
Preview
Text (Artikel ini diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muaro Bungo, Vol.(1) Juli 2023.)
Analisis Pendekatan Pembiayaan Pendidikan_Arsyad Riyadi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/hm

Abstract

Ketidakpahaman mengenai pendekatan pembiayaan secara makro dan mikro ini akan berakibat fatal jika masing-masing pihak berpihak pada pendekatannya sendiri. Pertama, masyarakat/orang tua menganggap bahwa pembiayaan dari pemerintah seharusnya sudah mencukupi semua kebutuhan sekolah. Kedua, sebaliknya sekolah selaku pengelola dana dari pemerintah menganggap bahwa dana yang dikelola tidak mencukupi sehingga perlu meminta sumbangan pada masyarakat/orang tua. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menganalisis dokumen postur pendidikan pemerintah, dokumen hasil penelitian maupun hasil kuesioner mengenai kebutuhan pribadi siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa : (1) dana pendidikan dengan alokasi 20% dari APBN digunakan untuk semua komponen anggaran pendidikan secara nasional; (2) masih tingginya beban yang harus ditanggung oleh masyarakat/keluarga dalam pembiayaan pendidikan. Dengan melakukan pemahaman yang lengkap mengenai kedua pendekatan tersebut diharapkan adanya kesamaan pemahaman bahwa pendanaan pendidikan adalah kewajiban bersama pemerintah dan masyaraka. Selain pemerintah berupaya menaikkan anggaran pendidikan, sekolah juga tidak berlebihan meminta dana dari masyarakat, karena memang beban masyarakat sudah besar dalam menanggung biaya lain. Sebaliknya masyarakat, juga semakin menyadari bahwa pendanaan yang dimiliki sekolah juga terbatas. Sehingga diharapkan akan didapatkan titik temu yang harmonis dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menyikapi pembiayaan pendidikan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pembiayan Pendidikan, Pendekatan Pembiayaan Makro, Pendekatan Pembiayaan Mikro
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:33
Last Modified: 06 Sep 2023 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item