Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMP Ma'arif NU 3 Purwokerto

Rafik, Arafat (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMP Ma'arif NU 3 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saefudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rafik Arafat_1717401034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan hal yang paling utama dari proses pendidikan secara keseluruhan, yang bernilai edukatif dan mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik. Standar sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu unsur penunjang hasil pembelajaran di sekolah. Akibat yang dihadapi dengan kurangnya sarana dan prasarana membuat pembelajaran di sekolah berjalan kurang optimal dan tidak mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Penelitian ini berlokasi di SMP Ma'arif NU 3 Purwokerto dengan obyek penelitian tentang Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Efektivitas Pembelajaran di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. Subjek penelitian ini Kepala Sekolah, Waka Sarana dan Prasarana, Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu: Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. 1) Perencanaan manajemen sarana dan prasarana dalam efektivitas pembelajaran di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto menggunakan musyawarah dan rapat, 2) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam efektivitas pembelajaran di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto, berupa: pengadaan, inventarisasi, pendistribusian dan pemanfaatan, pemeliharaan, penghapusan, Sehingga sarana dan prasarana tetap terjaga dan dapat diketahui jika terjadi kerusakan. Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran, Manajemen Sarana dan prasana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Manajemen Sarana dan prasana.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rafik Arafat sdr
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:45
Last Modified: 05 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item