Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konteks Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII

Dina, Faizah (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konteks Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dina Faizah_Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konteks Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VII.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis konteks Islam untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika kelas VII.Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis penting dimiliki oleh peserta didik untuk memperoleh hasil pembelajaran yang baik. Faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis salah satunya adalah alat-alat yang digunakan dalam belajar. Untuk itu peneliti menerapkan penggunaan LKPD berbasis konteks Islam sebagai salah satu aterntif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII B yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas Eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi ahli, angket untuk guru dan siswa serta tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD berbasis konteks Islam valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan skor rata-rata 3,6 dengan kriteria “valid”, ahli media dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteri “valid’, ahli konteks Islam dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria “valid’, penilaian guru dengan skor rata- rata 4,6 dengan kriteria “sangat menarik”, penilaian siswa uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 3,8 dengan kriteria “menarik”, dan penilaian siswa uji coba lapangan dengan skor rata-rata 3,8 dengan kriteria “menarik”. Selanjutnya LKPD berbasis konteks Islam dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng dengan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dibandingkan skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,31 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konteks Islam, LKPD, Pemahaman Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dina Faizah sdri
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:49
Last Modified: 19 Sep 2023 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item