Manajemen Sumber Daya Pendidik Taman Kanak-kanak Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga

Fitri, Handayani and Nurfuadi, Nurfuadi (2023) Manajemen Sumber Daya Pendidik Taman Kanak-kanak Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1 (2). pp. 95-107.

[img]
Preview
Text (Artikel diterbitkan dalam Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, April 2023)
5.+Fitri+Handayani.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
Official URL: https://jurnalcendekia.id/index.php/jipp

Abstract

Mutu pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah sumber daya manusia, untuk itu dalam mengelola SDM tersebut diperlukan manajemen yang baik. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sebagai bagian dari manajemen umum juga memiliki peran penting dalam pengelolaan pendidikan. Pendidik sebagai salah satu sumber daya manusia di lembaga pendidikan perlu di manage dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sumber daya pendidik di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana peneliti mencoba memahami makna berbagai peristiwa dalam setting tertentu dengan sudut pandang peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi yang berada di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Sumber Daya Pendidik di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga sudah berhasil diterapkan. Indikator dinyatakan berhasil dalam manajemen sumber daya pendidik adalah terlaksananya fungsi-fungsi manajemen yang meliputi: 1) analisis kebutuhan sumber daya pendidik, 2) rekrutmen sumber daya pendidik, 3) pelatihan dan pengembangan pendidik, 4) penempatan pendidik, 5) monitoring pendidik, 6) evaluasi kerja pendidik, dan 7) reward dan punishment yang dijalankan oleh TK Istiqomah Sambas Purbalingga. Sumber daya pendidik memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: manajemen; sumber daya manusia; pendidik; taman kanak-kanak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:20
Last Modified: 06 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21738

Actions (login required)

View Item View Item