PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN PRODUK DAN UANG SAKU TRHADAP MINAT MENABUNG EMAS PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO MELALUI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH

Indriana, Tias (2023) PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN PRODUK DAN UANG SAKU TRHADAP MINAT MENABUNG EMAS PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO MELALUI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INDRIANA RETNANING TIAS_PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN PRODUK DAN UANG SAKU TERHADAP MINAT MENABUNG EMAS PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO MELALUI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Munculnya lembaga keuangan syariah di Indonesia memberikan dampak kemunculan produk baru yang memberikan berbagai fasilitas kepada masyarakat. Saat ini telah banyak lembaga keuangan syariah baik bank maupun nonbank yang bersaing dengan produk yang ditawarkan oleh lembaganya. Pegadaian Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah nonbank yang telah berinovasi dengan mengeluarkan produk baru pada akhir tahun 2015 yaitu produk tabungan emas. Produk tabungan emas ini dapat dipilih oleh siapa saja baik pekerja maupun mahasiswa, sebab untuk menabung emas di Pegadaian Syariah dapat dimulai dengan nominal Rp 10.000. Namun kemudahan yang ditawarkan Pegadaian Syariah belum menggugah mahasiswa untuk menabung emas melalui produk tabungan emas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan produk dan uang saku terhadap minat menabung emas pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel berjumlah 100 mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi (X1), pengetahuan produk (X2), dan uang saku (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kemudian hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa promosi, pengetahuan produk, dan uang saku secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung emas pada mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Pengetahuan Produk, Uang Saku, Tabungan Emas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indriana Retnaning Tias sdri
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:57
Last Modified: 30 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item