ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN STRATEGI GURU KELAS III PADA MATERI PEMBAGIAN DI KELURAHAN PENGARASAN

Firda, Aulia (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN STRATEGI GURU KELAS III PADA MATERI PEMBAGIAN DI KELURAHAN PENGARASAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIRDA AULIA_ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN STRATEGI GURU KELAS III PADA MATERI PEMBAGIAN DI KELURAHAN PENGARASAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Banyak guru ditingkat Sekolah Dasar yang sering menerapkan metode ceramah serta menggunakan pendekatan teacher center dalam proses pembelajaran. Fakta dilapangan menyatakan bahwa siswa sering bosan dan kurang memahami materi yang diajarkan guru terutama matematika apalagi dikelas rendah. Matematika adalah ilmu umum yang wajib dipelajari oleh semua individu. Pasalnya semenjak kita menuntut ilmu pasti ada pelajaran matematika, dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, bahkan tingkat perguruan tinggipun masih belajar matematika. Pelajaran matematika terdapat operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan. Pembagian adalah operasi pengurangan berulang suatu bilangan dengan bilangan yang lain hingga habis. Di SD/MI Kelurahan Pengarasan khususnya kelas III siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, guru harus menggunakan strategi yang dirasa tepat dan cocok untuk mengatasi kesulitan belajar Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan strategi guru yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar dikelas III di SD/MI Kelurahan Pengarasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah analisis kesulitan belajar siswa dan strategi guru kelas III pada materi pembagian di Kelurahan Pengarasan. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Guru Kelas III di SD/MI Kelurahan Pengarasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa yang terdiri dari jenis kesulitan belajar seperti siswa tidak bisa membaca, berhitung, dan menulis. Bentuk kesulitan belajar seperti siswa kesulitan dalam memahami konsep materi dan kemampuan berhitung yang masih rendah. Faktor kesulitan belajar baik faktor internal maupun eksternal. Ciri-ciri siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti siswa tidak mengenal huruf, nilai dibbawah KKM, dan siswa yang bermain sendiriketika pelajaran. Guru sudah melakukan berbagai strategi dan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa tersebut. Diharapkan dengan strategi yang dilakukan guru dapat membantu siswa dalam kelancaran proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika, kesulitan belajar, strategi guru
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Firda Aulia sdri
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:09
Last Modified: 31 Aug 2023 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21728

Actions (login required)

View Item View Item