KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK: TELAAH BUKU ISLAM DALAM BINGKAI KEINDONESIAAN DAN KEMANUSIAAN (SEBUAH REFLEKSI SEJARAH) KARYA AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nikmah, Marfu'atun (2023) KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK: TELAAH BUKU ISLAM DALAM BINGKAI KEINDONESIAAN DAN KEMANUSIAAN (SEBUAH REFLEKSI SEJARAH) KARYA AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MARFU'ATUN NIKMAH_KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK TELAAH BUKU ISLAM DALAM BINGKAI KEINDONESIAAN DAN KEMANUSIAAN (SEBUAH REFLEKSI SEJARAH) KARYA AHMAD SYAFII MAARIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk membangun suatu peradaban yang kuat dan berkarakter, diperlukan bangsa yang tidak hanya pintar dalam intelektualnya saja, tetapi juga memiliki kepekaan terhadap kondisi yang terjadi di sekitarnya dan memiliki sikap bijaksana agar bisa menghadapi segala persoalan dengan baik. Pendidikan menjadi wadah agent perubahan, tidak hanya pada aspek pengetahuan, namun juga perubahan nilai, moral, norma dan akhlak mulia. Ketika seseorang terjun ke masyarakat, konsep pendidikan ini sangat penting dan dibutuhkan, karena hal ini akan diterapkan untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan holistik menurut Ahmad Syafii Maarif dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana konsep pendidikan holistik menurut pandangan Ahmad Syafii Maarif dalam buku Islam dalam Bingkai Ke-Indonesiaan dan Kemanusiaan (Sebuah Refleksi Sejarah) dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan (library research) yang datanya diperoleh dari karya Ahmad Syafii Maarif yang berhubungan dengan pendidikan holistik. Semua data penelitian dianalisis menguunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian ini menunjukan bahwa Menurut Ahmad Syafii Maarif pendidikan holistik merupakan pendidikan yang membentuk peserta didik yang berarti dalam pandangan Al-Qur’an yaitu manusia utuh yang baik, memiliki kepercayaan diri, mampu berkarya di muka bumi berdasarkan iman dan amal sholeh untuk kepentingan semua makhluk yang memiliki kecrdasan intelektual dan bermoral dengan hati yang tulus. Semua cabang pengetahuan adalah bertujuan untuk membawa manusia mendekati Allah SWT, sebagai pemilik sumber pertama. Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam, merujuk pada surat al-Hajj dan surat Fussilat, yang dimaksud ilmu pengetahuan adalah pengetahuan ilmiah yang diobservasi melalui mata dan telinga dan berujung sampai ke hati dan menyalakan persepsi dalam diri manusia. Lewat cara ini, seseorang akan mentransformasikan kemampuan ilmiah dan teknologinya sesuai dengan persepsi moral yang akan terlahir dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Holistik, Ahmad Syafii Maarif, Pendidikan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marfu'atun Nikmah sdri
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:23
Last Modified: 29 Aug 2023 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item