OPINION LEADER GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA SEDERAJAT TENTANG PLURALISME AGAMA DI WILAYAH KOTA PURWOKERTO

Indah, Lestari (2023) OPINION LEADER GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA SEDERAJAT TENTANG PLURALISME AGAMA DI WILAYAH KOTA PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Indah Lestari_Opinion Leader Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA Sederajat tentang Pluralisme Agama di Wilayah Kota Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indah Lestari_Opinion Leader Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA Sederajat tentang Pluralisme Agama di Wilayah Kota Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pluralisme agama sebagai sebuah pandangan keberagaman agama yang terjadi di Indonesia memiliki berbagai tafsir dan sudut pandang. Fatwa MUI yang menyatakan pluralisme agama sebagai paham semua agama sama secara umum diadopsi oleh sebagian besar pendidik. Termasuk para guru pendidikan agama Islam yang mengajar di sekolah tingkat SMA sederajat di wilayah kota Purwokerto. Menyikapi pluralisme agama, respon terhadap hal ini cenderung sebagai bagian dari hak warga negara untuk memilih kebebasan beragama dan persoalaan kemanusiaan. Memberikan ruang toleransi kepada umat agama lain juga menjadi hal yang dipandang penting demi persatuan dan kesatuan bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Proses uji keabsahan data menggunakan model triangulasi. Lokasi penelitian merupakan 6 SMA sederajat di terdapat di wilayah kota Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan respon pluralisme agama guru pendidikan agama Islam dan kontribusi mereka terhadap paham ini. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa paham pluralisme agama yang mayoritas diadopsi yakni paham semua agama sama. Respon mereka terhadap pluralisme agama rata-rata menyatakan ragu-ragu. Kontribusi guru pendidikan agama Islam diawali dengan memiliki pengetahuan terhadap pluralisme agama, sehingga dapat menyikapi hal tersebut dengan bijaksana. Setelahnya lahir perilaku yang mencerminkan pluralisme agama untuk dapat diteladani para siswa. Nilai-nilai pluralisme agama yang disetujui diantaranya nilai saling menghormati dan menghargai, nilai toleransi, nilai kemanusiaan, serta nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Upaya mengimplementasikan pluralisme agama yang dilakukan di sekolah diantaranya keteladanan dan nasihat, diskusi aktif dalam kelompok dan membuat karya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme Agama, Guru Pendidikan Agama Islam, Respon, SMA Sederajat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Lestari sdri
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:05
Last Modified: 18 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item