IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI PONDOK PESANTREN AL KAMAL TAMBAKSARI KUWARASAN KEBUMEN

Ninik, Fitrianingrum (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI DI PONDOK PESANTREN AL KAMAL TAMBAKSARI KUWARASAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saefuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ninik Fitrianingrum_Implementasi Pendidikan Vokasi Di Pondok Pesantren Al Kamal Tambaksari Kuwarasan Kebumen.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang implementasi vokasi di pondok pesantren Al Kamal Tambaksari Kuwarasan Kebumen dilatar belakangi oleh pandangan secara umum lembaga pendidikan formal maupun non formal mampu menghasilkan pribadi yang mandiri dan memiliki keahlian keterampilan untuk menjalani kehidupan terutama dalam dunia kerja. Namun kenyataannya, masih banyak kalangan terdidik yang telah lulus dari lembaga pendidikan masih menganggur karena kurangnya keterampilan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai pendidikan vokasi di Pondok Pesantren Al Kamal Tambaksari Kuwarasan Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusahamendeskripsikan data-data yang telah diperoleh dari lapanan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah pendidikan vokasi di pondok pesantren Al Kamal Tambaksari Kuwarasan Kebumen. Untuk memperoleh data, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulkan data hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan vokasi di pondok pesantren Al Kamal melalui kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu mengadakan usaha-usaha yang dapat dijadikan wadah santri dalam mengembangkan bakat, keterampilan dan melatih kemandirian. Dalam prosesnya santri diberi kebebasan untuk ikut serta dalam pelatihan dari berbagai unit usaha yang telah disediakan. Tujuan pondok pesantren Al Kamal menyelenggarakan program pendidikan vokasi yaitu mengembangkan bakat dan keterampilan santri sebagai bekal kehidupan yang mandiri. Pelaksanaan pendidikan vokasi di pondok pesantren Al Kamal menggunakan metode coaching, yang berupa bimbingan langsung dari ustadz/ustadzah ataupun koordinator setiap unit usaha. Dan metode praktik secara langsung dimana para santri melaksanakan pelatihan secara langsung tanpa adanya teori terlebih. Evaluasi pendidikan vokasi menggunakan teknik observasi yaitu ustadz/ustadzah maupun koordinator mengontrol setiap kegiatan pendidikan vokasi ke lapangan. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yaitu waktu pelaksanaan dan lokasi unit usaha. Kata kunci: Implementasi, pendidikan vokasi dan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan vokasi dan pondok pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ninik Fitrianingrum sdri
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:30
Last Modified: 14 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item View Item