PENGGUNAAN MEDIA VISUAL POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

Isaroh, Isaroh (2023) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Isaroh_1917405032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan gabungan dari pengetahuan alam dan sosial yang terdapat di Kurikulum Merdeka yang dibuat untuk mengembalikann otoritas sekolah. Materi-materi dalam IPAS yaitu mempelajari fenomena alam dan sosial yang faktual, baik berupa kenyataan atau kejadian dan hubungan sebab akibat, sehingga sebagian besar materi pelajaran IPAS bersifat abstarak hal tersebut membuat siswa merasa kesuliatan dalam mempelajarinya. Dampaknya siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan motivasi belajar kurang. Di sinilah pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa dan menumbuhkan motivasi dan semangat belajar. Penelitian ini meneliti tentang penggunaan media visual pop-up book dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Negeri 2 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. SD Negeri 2 ponjen adalah sekolah dasar yang salah satu menerapakan kurikulum merdeka. Pada saat observasi pendahuluan, kelas IV dalam pembelajaran IPAS menggunakan media visual pop-up book yang berkaitan dengan materi mata pelajaran IPAS peserta didik lebih antusias dan tertarik dalam memahami pembelajaran yang berlangsung serta aktif melakukan tanya jawab dengan guru sehingga hasil belajar meningkat. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan media pembelajaran khususnya media visual pop-up book dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 2 Ponjen. Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (field Research) dengan pendekatannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang penggunaan media dalam pembelajaran baik IPAS dengan media visual pop-up book pada kelas IV di SD Negeri 2 Ponjen setelah menggunakan media pop-up book persentase ketuntasan yang semula pada topik A 15% tetapi setelah menggunakan pop-up book mengalami peningkatan sebesar 73,6%, pada topik B 21% setelah menggunakan pop-up book mengalami peningkatan sebesar 94,7%, dan pada topik C 42,1% setelah menggunakan pop-up book mengalami peningkatan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Visual pop-up book, Mata Pelajaran IPAS, Presentase Ketuntasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
900 Geography and history > 907 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isaroh Isaroh
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:47
Last Modified: 11 Aug 2023 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item