IMPLEMENTASI KURIKULUM AL-QUR'AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) AL-HUSNA KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP

Nisrina, Aza Lutfiyani (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM AL-QUR'AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) AL-HUSNA KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISRINA AZA LUTFIYANI_IMPLEMENTASI KURIKULUM AL-QUR'AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) AL-HUSNA KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Husna Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, serta mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Husna Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tiga cara berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yang berupa reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum Al-Qur’an di MDTA Al-Husna berjalan dengan cukup baik dan menarik karena MDTA Al-Husna dalam pembelajaran Al-Qur’an mencakup beberapa hal berupa membaca, menghafal, mempelajari dan memahami Al-Qur’an. Kurikulum Al-Qur’an yang diterapkan sudah mencakup tentang meurmuskan tujuan pembelajaran Al-Qur’an, menentukan materi pembelajaran Al-Qur’an, menentukan metode pembelajaran Al-Qur’an dan juga melaksanakan evaluasi. Dalam proses pelaksanaan implementasi kurikulum Al-Qur’an di MDTA Al-Husna terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung implementasi kurikulum Al-Qur’an di MDTA Al-Husna yaitu faktor perencanaan, faktor lingkungan belajar, faktor sarana dan prasarana, serta faktor kepala madrasah. Sedangkan faktor yang menjadi penghambatnya yaitu masih lemahnya tingkat kesadaran peserta didik, masih banyaknya guru yang belum paham tentang kurikulum, dan pemilihan pengalaman belajar yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum, kurikulum Al-Qur’an, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisrina Aza Lutfiyani sdri
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:17
Last Modified: 10 Aug 2023 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21702

Actions (login required)

View Item View Item