Rupi Novianti, 1223305094 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM SERIAL ANIMASI PADA ZAMAN DAHULU DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, IAIN.
Text
RUPI NOVIANTI__NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM SERIAL ANIMASI PADA ZAMAN DAHULU DAN REL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
COVER_BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan budi pekerti didefinisikan sebagai segala daya dan upaya untuk memajukan budi pekerti ke arah yang lebih baik. Salah satu cara yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan budi pekerti adalah melalui film, salah satunya adalah serial film animasi Pada Zaman Dahulu. Penulis memilih objek penelitian film animasi ini karena berdasarkan observasi pendahuluan diperoleh data-data diantaranya; dalam akun facebook, animasi Pada Zaman Dahulu diketahui memiliki pengikut/penggemar sebanyak ± 1.728.730 orang yang terdiri dari berbagai kalangan usia. Respon dari penonton pun terbilang positif, terlihat dari komentar-komentar mereka dalam akun tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam serial animasi "Pada Zaman Dahulu" dan relevansi nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam animasi tersebut dengan materi pembelajaran Aqidah Ahlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber literatur perpustakaan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis). Nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam animasi Pada Zaman Dahulu antara lain 1) nilai kerjasama dalam bentuk kerukunan; 2) nilai percaya diri dalam hal kemampuan menyelesaikan masalah, dan percaya diri karena memiliki harapan yang realistik pada diri sendiri; 3) nilai kesabaran dalam pergaulan; 4) nilai menolong dalam bentuk tenaga/fisik, dan menolong dalam memberikan ide/masukkan; 5) nilai tanggung jawab terhadap diri sendiri, dan tanggung jawab terhadap orang lain; 6) nilai berpikir positif dalam menghadapi kesulitan, 7) nilai tepat janji terhadap orang lain; dan 8) nilai bijaksana dalam menyikapi suatu masalah. Nilai-nilai pendidikan budi pekerti tersebut relevan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Seperti nilai percaya diri, yang relevan dengan materi Aqidah Akhlak kelas II semeter 2. Nilai menolong, relevan dengan materi kelas III semester 2. Nilai tanggung jawab, relevan dengan materi kelas V semester 1. Nilai kerja sama, relevan dengan materi kelas III semester 2. Nilai berpikir positif, relevan dengan materi Aqidah Akhlak Kelas VI semester 1. Nilai tepat janji relevan dengan materi Kelas V semester 1. Nilai bijaksana, relevan dengan materi kelas V semester 1, dan Nilai sabar dalam film, yang relevan dengan materi kelas VI semester 2.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai, pendidikan budi pekerti, serial animasi Pada Zaman Dahulu. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 04:57 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 04:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |