PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYMAS

Dewi, Masitoh (2023) PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEWI MASITOH_1917405065_SKRIPSI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menangani perilaku siswa hiperaktif kelas I MI Tasmirussibyan Sidamulya berdasarkan tipe hiperaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Tasmirussibyan Sidamulya Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sejumlah 31 siswa beserta guru kelas 1 di MI Tasmirussibyan Sidamulya Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi guru untuk menangani siswa berdasarkan tipe-tipe hiperaktif. Tipe pertama,adalah tipe impulsif (1) Membuat peraturan di kelas.(2) sering mengulang instruksi yang diberikan. (3) memberikan tugas sesuai kemampuan anak. Tipe inatensi, yaitu (1) Menggunakan strategi pembelajaran role playing. (2) Strategi Hindari memaksa siswa untuk mencoba lebih keras. (3) Strategi guru sering mengingatkan siswa tentang tugas sekolah. Tipe hiperaktif. (1) Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. (2) Menghindarkan siswa tipe hiperaktif tersebut duduk dekat jendela dan pintu. (3) Strategi yang digunakan guru ini yaitu Mengurangi penggunaan bahan y ang tidak perlu di meja. (4) Memberikan perhatian yang khusus. (5) Memberikan motivasi dan nasehat setiap hari. Jadi setiap tipe hiperaktif mempunyai strategi guru yang berbeda untuk menghadapi siswanya. Kata Kunci: Anak Hiperaktif, Perilaku, Strategi guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Hiperaktif, Perilaku, Strategi guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Masitoh sdri
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:10
Last Modified: 10 Aug 2023 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item View Item