UPAYA GURU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS I MIN 01 CILACAP

Marhamah, Syauqi Aulia (2023) UPAYA GURU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) KELAS I MIN 01 CILACAP. Skripsi thesis, UIN prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS AUL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi berkaitan dengan minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika, seperti acuh terhadap pembelajaran dan malas memahami serta menghitung menandakan bahwa kurangnya penanaman motivasi pembelajaran matematika yag dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, perlunya sistem pendidikan menawarkan desain materi, metode serta kurikulum yang mampu membuat peserta didik termotivasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi upaya guru memotivasi belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Kelas I MIN 01 Cilacap. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang diharapkan dengan meneladani metode pembelajaran yang telah diajarkan: Rumusan Masalah:1) Bagaimana penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran matematika kelas I MIN 01 Cilacap 2) Bagaimana aktifitas guru dan siswa selama proses penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran matematika Kelas I MIN 01 Cilacap? Peneliti mengunakan pendekatan Kualitatiaf deskriptif. Subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas I MIN 01 Cilacap. Objek penelitian penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran Matematika MIN 01 Cilacap. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes data hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) telah terlaksana namun masih ada beberapa tindakan yang belum sepenuhnya terlaksana, 2) Aktifitas guru selama proses penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berjalan dengan baik sesuai dengan indikator pencapaian aktivitas guru 3) Aktivitas siswa selama proses penerapan pembelajaran model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berjalan dengan baik sesuai dengan indikator pencapaian aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Matematika, Teams Game Tournament (TGT), Upaya Guru
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marhamah Syauqi Aulia sdri
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:22
Last Modified: 07 Aug 2023 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21693

Actions (login required)

View Item View Item