ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DI SMP NEGERI 2 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Nia, Rizkiana (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DI SMP NEGERI 2 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nia Rizkiana_1717407018_Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan untuk memutuskan strategi yang tepat dalam menyelesaikan beragam permasalahan matematika dari tingkat rendah hingga permasalahan tingkat tinggi. Masih menjadi perdebatan mengenai kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMP Negeri 2 Kejobong adalah karena beraneka jawaban yang diberikan oleh siswa dalam menjawab soal matematika dan masih bingungnya siswa dalam menyelesaikan materi relasi dan fungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi dan fungsi yang ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta menggunakan latar alamiah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kejobong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki hanya memenuhi indikator originality, sedangkan siswa perempuan tidak memenuhi satu indikator, yaitu indikator fluency. Dari hasil penelitian tersebut siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Relasi dan Fungsi, Jenis Kelamin
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nia Rizkiana sdri
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:34
Last Modified: 07 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item View Item