ANALISIS NILAI – NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN MARKET DAY DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Anggraeni, Friska Uji (2023) ANALISIS NILAI – NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN MARKET DAY DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FRISKA UJI ANGGRAENI_ANALISIS NILAI – NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN MARKET DAY DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK : Pendidikan merupakan merupakan faktor penentu kemajuan suatu bangsa. pendidikan yang baik akan menciptakan generasi yang berkarakter. Untuk itu pendidikan memiliki peran dalam membentuk karkater bangsa. untuk itu peneliti ingin meneliti mengenai nilai – nilai karakter dalam kegiatan market day di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Market day adalah suatu kegiatan sekolah yang mengintegrasikan antara pendidikan dengan kewirausahaan dengan melibatkan siswa untuk berperan sebagai produsen dan konsumen dan untuk menerapkan nilai – nilai karkater kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai – nilai yang terdapat dalam kegiatan market day dan bagaimana pelaksanaan kegiatan market day di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga menunjukan dalam kegiatan market day terdapat beberapa nilai – nilai karekter yang terterapkan kepada siswa diantaranya yaitu kejujuran, kreatif dan inovatif, mandiri, percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab. Kegiatan market day di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga dilaksanakan pada setiap hari Jumat yang diikuti oleh siswa kelas 3,4 dan 5 sebagai penjual atau produsen. Dan diikuti oleh seluruh warga sekolah sebagai konseumennya. Hingga saat ini kegiatan market day tidak ada hambatan yang berarti dalam pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanaman Karakter, Nilai Karakter, Market Day
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Friska Uji Anggraeni sdri
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:20
Last Modified: 07 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item