DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 01 CANDINEGARA DESA CANDINEGARA KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Kholid, Mu'min (2023) DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 01 CANDINEGARA DESA CANDINEGARA KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOLID MU'MIN_DESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 01 CANDINEGARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berorientasi Kurikulum Merdeka merupakan aktualisasi pembentukan kompetensi karakter peserta didik. Hal tersebut menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan. Kewibawaan seorang guru dalam mengajar dapat dibentuk oleh beberapa hal, antara lain penguasaan materi, penguasaan metode pengajaran yang sesuai dengan situasi dan keadaan siswa, hubungan interpersonal, dan hubungan sesama guru dan unsur lain yang terlibat dalam proses pendidikan seperti adminstrator, misalnya kepala sekolah dan tata usaha serta masyarakat di lingkungan Sekolahnya, pengalamannya sebagai seorang guru dan keterampilan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan Program-program yang menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Candinegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Data Miles dan Huberman dimana kegiatan analisis data yang dilakukan dalam penelitian adalah menyiapkan sekumpulan data mengenai wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai pembelajaran yang berorientasi pada kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 01 Candinegara. Kondensasi Data Rujukan kondensasi data pada proses selecting (pemilihan), focusing (pengerucutan), simplifiying (penyederhanaan), abstracting (peringkasan) dan transforming (tranformasi data). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa SDN 01 Candinegara dalam merencanakan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, guru Mapel PAI dan Budi Pekerti menyusun silabus, kalender pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, dan Menyusun KOSP (Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan) dengan melibatkan semua dewan guru dari semua Mapel, Komite, dan perwakilan wali murid Bersama Kepala Sekolah. Selanjutnya guru menyusun analisis Capaian Pembelajaran (CP), Analisis TP (Tujuan Pembelajaran), Penyusunan ATP , Menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), hingga menyusun Assesmen Awal, Asesmen Formatif dan Sumatif. Sementara program-program yang dilaksanakan adalah Rancangan kegiatan P5 yang terintegrasi dengan kegiatan P5 di Kelas 1 dan kelas 4 Proyek Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pembelajaran Berdiferensi. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholid Mu'min sdr
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:39
Last Modified: 02 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item View Item