TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ALHIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES

KUSWOYO, GUMILANG (2023) TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ALHIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KUSWOYO_TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat selalu mengalami perkembangan dimana perkembangan ini mempengaruhi tuntutannya kepada pesantren untuk terus berubah. Peraturan pemerintah juga memberikan tuntutannya agar pesantren terdaftar dan legal sebagai sebuah lembaga pendidikan. dilain sisi kiai sebagai pemilik kekuasaan tertinggi di pesantren juga memiliki keinginan untuk merubah pesantren menjadi lebih baik. Melalui hal ini kajian mengenai transformasi di dalam tubuh pesantren menjadi hal yang menarik dan perlu untuk terus dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana latar belakang trasnformasi pendidikan? 2) bagaimana bentuk pesantren setelah transformasi? 3) apa implikasi yang ditimbulkan setelah transformasi?. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang terjadinya transformasi di pesantren, bentuk pesantren setelah transformasi, dan implikasi yang ditimbulkan dalam transformasi. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Al Hikmah 1 Benda Kecamtan Sirampog Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan yaitu paradigma kualitatif dan pendekatannya sosio-historis. Data diperoleh menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur kepada wakil pengasuh, pembina, pengurus dan santri serta dokumentasi untuk mendapatkan dokumen berkaitan dengan data yang dibutuhkan. Data yang telah didapatkan akan disajikan dalam bentuk deskriptif setelah melalui analisis oleh peneliti yaitu dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya 1) latar belakang terjadinya transformasi berasal dari internal pesantren yaitu kiai dan gus serta eksternal pesantren yaitu tuntutan masyarakat serta kebijakan pemerintah. 2) bentuk transformasi dipengaruhi oleh aktor yang ada di belakangnya yaitu kiai dan gus dimana transformasi yang dilakukan oleh kiai ialah merubah pesantren dari tradisional menjadi semi modern dan yang dilakukan oleh gus dengan perubahan pesantren menjadi integrasi selektif dilihat dari kurikulum, metode dan kegiatan. Bentuk perubahan ini juga memunculkan friksi dari dewan asatidz, pengurus, santri dan wali santri. 3) Implikasi dari transformasi pendidikan berdampak pada dewan asatidz, santri, sekolah formal dan masyarakat. Kata Kunci: Transformasi, Pendidikan, Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Transformasi Pendidikan Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KUSWOYO GUMILANG sdr
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:49
Last Modified: 03 Aug 2023 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item