METODE MENGHAFAL MUFRODAT MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA'ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Miatu, Alfi Rohmah (2023) METODE MENGHAFAL MUFRODAT MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA'ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MIATU ALFI ROHMAH_METODE MENGHAFAL MUFRODAT MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA'ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab adalah salah satu Bahasa asing yang mana banyak dipelajari oleh warga Indonesia. Maka dari itu hal ini sangat perlu dipelajari adanya pembelajaran Bahasa bagi orang-orang yang notabennya bukan dari Arab. Adapun pembelajaran Bahasa Arab ini dapat dilakukan dengan macam cara & metode. Salah satunya yaitu dengan pembelajaran menghafal kosa kata (mufrodat). Dalam menghafal dibutuhkan sebuah metode untuk menunjang siswa agar siswa dapat menguasai bahasa arab. Maka dari itu Metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya metode, proses belajar mengajar akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode menghafal Mufrodat mata pelajaran bahasa Arab di MI Ma'arif 07 Karang Mangu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-researcch) dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini ditujukan untuk menyajikan data dan menganalisis data sesuai dengan apa yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan metode induktif yaitu analisis yang diperoleh dengan langkah-langkah yang pertama reduksi data, kedua peyajian data dan ketiga verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Menghafal Mufrodat mata pelajaran bahasa Arab memiliki beberapa tahapan yaitu yang pertama dengan membaca mufrodat berulang-ulang dan dibaca bersama-sama, kemudian guru memberikan anternatif lain yaitu dengan mengenalkan lagu yang dimana lagu tersebut sudah diganti liriknya dengan mufrodat-mufrodat yang sedang dipelajari. Lagu ini di nyanyikan bersama-sama dan dilakukan berulang kali. Untuk memperkuat hafalan mufrodat, guru menggunakan media kartu. Yang dimana kartu tersebut terdapat gambar, kemudian peserta didik diminta untuk menyebutkan mufrodat dari gambar yang ditunjukan guru. Namun ada beberapa hambatan yang terjadi didalam kelas yaitu kurang terampilnya para siswa dalam membaca dan menulis huruf arab. Hal ini yang menjadikan para guru harus lebih kreatif dan ekstra dalam mengajar anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Metode, Menghafal Mufrodat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miatu Alfi Rohmah sdri
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:34
Last Modified: 31 Jul 2023 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item