KOMPARASI PENAFSIRAN QUR’AN SURAT AL-MAIDAH AYAT 51 PERSPEKTIF TAFSIR AL-QUR’AN DIGITAL DI INDONESIA (STUDI ATAS TAFSIR DIGITAL PARTAI NASDEM DAN TAFSIR DIGITAL KEMENAG)

moch abdul, kholik (2023) KOMPARASI PENAFSIRAN QUR’AN SURAT AL-MAIDAH AYAT 51 PERSPEKTIF TAFSIR AL-QUR’AN DIGITAL DI INDONESIA (STUDI ATAS TAFSIR DIGITAL PARTAI NASDEM DAN TAFSIR DIGITAL KEMENAG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MOCH_ADBUL_K_Komparasi_penafsiran_qur'an_surat_al_maidah[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kajin tafsir di Indonesia tentunya mengalami perkembangan yang signifikan dan membaik, dibuktikan dengan semakin banyak kajian tafsir yang membahas terkait hal ini. Kajian tafsir yang dibahas dalam penelitian ini adalah tafsir Partai Nasdem dan Tafsir Kementrian Agama Indonesia. Dua tafsir ini terimplementasikan dalam sebuah kajian al-Qur’an digital di Indonesia yang diakses melalui digital untuk kedua penafsiran tersebut. Penelitian ini penulis memilih sebuah kajian terhadap Q.S. Al-Maidah ayat 51 yang memang dalam keadaan tertentu ayat ini sering dipolitisasi dalam politik di Indonesia. Apalagi dalam penelitian ini menggunakan sudut pandang partai politik yaitu partai Nasdem dengan sudut pandang pemerintahan Indonesia yaitu Kementrian Agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis penelitian kepustakan dengan menggunakan metode analisis data. Dalam pencarian data, penelitian ini terfokus dalam aplikasi Al-Qur’an digital di Indonesia yaitu aplikasi Al-Qur’an partai Nasdem dan aplikasi Al-Qur’an Kementrian Agama Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tafsir Muqarin milik Al-Farmawi. Yaitu kajian tafsir perbandingan dua penafsiran dengan menghasilkan satu penafsiran yang relevan dan terbaharu. Penelitian ini menghasilkan beberapa hasil penelitian, diantaranya adalah secara bahasa dan penafsiranya kata auliyā’ dalam penelitian ini mempunyai dua sudut pandang. Menurut tafsir Nasdem, kata auliyā’ mempunyai makna sebagai pemimpin, sedangkan menurut tafsir Kementrian Agama kata auliyā’ mempunyai makna sebagai teman dekat. Dari kedua penafsiran tersebut mmempunyai beberapa perbedaan dan juga persamaanya baik dari Asbabun Nuzul, Munasabah ayat, dan beberapa penafsiranya. Kata Kunci: Tafsir Nasdem, Tafsir Kemenag, Q.S. Al-Maidah ayat 51

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Moch Abdul Kholik sdr
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:10
Last Modified: 31 Jul 2023 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item