STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DESI, NUR WINAHYU (2023) STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DDESI NUR WINAHYU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Desi Nur Winahyu NIM. 1717405100 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto 2023 ABSTRAK : Strategi pembelajaran semakin berkembang dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah strategi pembelajaran edutainment, sebuah istilah yang relative baru meskipun sudah sering dilakukan oleh guru. Sebagai sebuat strategi, edutainment sangat ditentukan oleh kemampuan gurunya yang tentunya berbeda hasilnya dengan sekolah atau madrasah yang lainnya dan materinya, tidak terkecuali di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Karangmoncol, sehingga penting untuk diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Strategi Edutainment dalam Pembelajaran Tematik Materi IPS kelas VI di MI Muhammadiyah Kramat Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan field research dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk melihat dan mengobservasi kegiatan pembelajaran, dilanjutkan dengan wawancara dan dokumen. Hasil yang didapatkan dalam kesimpulan ini bahwa strategi edutainment dalam pembelajaran tematik materi IPS di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Karangmoncol dilaksanakan dengan memberikan pembelajaran yang mampu membuat siswanya nyaman dan senang guru menggunakan empat macam strategi edutainment yaitu:, Humanizing The Classroom, problem based learning, Quantum Teaching dan Role Playing. Penerapan Humanizing the Classroom di MI Muhammadiyah Kramat ini di terapakan pada materi ketiga guru menggunakan cara memperlakukan siswa dengan cara menyesuaikan karakter masing-masing siswa, membantu pembelajaran menyenangkan bagi seluruh siswa. Quantum Learning dalam pembelajaran tematik materi IPS di terapkan di kelas enam MI Muhammadiyah Kramat dengan cara menyanyi, meningkatkan motivasi siswa dengan menerapkan peran tokoh pembeli dan pedagang. Model Quantum Teaching digunakan pada pembelajaran tematik materi IPS di kelas enam dengan menggunakan cara merayakan setiap hasil kerja keras siswa, memberikan motivasi, mengajarkan kedisiplinan, dan dengan cara melibatkan semua faktor baik dalam kelas atau luar kelas. Model Role Playing ini digunakan dikelas enam dengan cara bermain peran, sikap, tingkah laku, nilai dengan tujuan agar dapat menghayati perasaan, sudut pandang dan cara berfikir orang lain. Proses pembelajaran ini dapat membantu siswa mengerti dan paham tentang materi yang dipelajari. Model problem-based learning dalam pembelajaran tematik materi IPS di MI Muhammadiyah Kramat ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktifitas siswa untuk mengalami sendiri, untuk berlatih, berkegiatan sehingga baik dengan daya pikir, emosional dan keterampilannya, mereka belajar dan berlatih. Kata Kunci: Strategi Edutaintment, IPS Tematik, MI Muhammadiyah Kramat EDUTAINMENT STRATEGIES IN THEMATIC LEARNING OF SOCIAL STUDIES MATERIALS IN CLASS VI AT MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KARANGMONCOL, PURBALINGGA REGENCY FOR THE 2022/2023 ACADEMIC YEAR ABSTRACT Desi Nur Winahyu NIM. 1717405100 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto 2023 Learning strategies are increasingly developing in the world of education, one of which is edutainment learning strategies, a term that is relatively new even though it has often been done by teachers. As a strategy, edutainment is determined by the ability of the teacher which is certainly different from the results of other schools or madrasahs and the material, including in MI Muhammadiyah Kramat, Karangmoncol District, so it is important to investigate further. The purpose of this study is to describe the Edutainment Strategy in Thematic Learning of Class VI Social Studies Material at MI Muhammadiyah Kramat Learning Year 2022/2023. This research is qualitative research with a field research approach where researchers go directly to the research location to see and observe learning activities, followed by interviews and documents. The results obtained in this conclusion that edutainment strategies in thematic learning of social studies material in MI Muhammadiyah Kramat, Karangmoncol District are implemented by providing learning that can make students comfortable and happy teachers using four kinds of edutainment strategies, namely: Humanizing the Classroom, problem-based learning, Quantum Teaching and Role Playing. The application of Humanizing the Classroom at MI Muhammadiyah Kramat is based on the third material of the teacher using how to treat students by adjusting the character of each student, helping fun learning for all students. Quantum Learning in thematic learning of social studies material is applied in the sixth grade of MI Muhammadiyah Kramat by singing, increasing student motivation by applying the role of buyer and merchant figures. The Quantum Teaching model is used in thematic learning of social studies material in sixth grade by using a way to celebrate each student's hard work, provide motivation, teach discipline, and by involving all factors both in the classroom and outside the classroom. This Role-Playing model is used in sixth grade by playing roles, attitudes, behaviors, values with the aim of being able to live the feelings, points of view and ways of thinking of others. This learning process can help students understand and understand the material being studied. This problem-based learning model in thematic learning of social studies material at MI Muhammadiyah Kramat uses a learning approach that involves more student activities to experience themselves, to practice, to do activities so that both with their thinking, emotional and skills, they learn and practice. Keywords: Edutaintment Strategy, Thematic Social Science, MI Muhammadiyah Kramat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Edutaintment, IPS Tematik, MI Muhammadiyah Kramat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Nur Winahyu sdri
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:04
Last Modified: 31 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item