UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN-KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 2 PETAHUNAN PEKUNCEN BANYUMAS

Tsania Fithra, Rosyida (2023) UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN-KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 2 PETAHUNAN PEKUNCEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Tsania Fithra RosyidaTsania Fithra Rosyida_Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 3 pada Pembelajaran Daring di SD Negeri 2 Petahunan Pekuncen Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 2 PETAHUNAN PEKUNCEN BANYUMAS Tsania Fithra Rosyida 1717405169 [email protected] ABSTRAK Adanya pandemi covid-19 megharuskan setiap sekolah menerapkan pembelajaran daring untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Penerapan pembelajaran daring menimbulkan permasalahan seperti siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan usaha yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 3 SD Negeri 2 Petahunan Pekuncen Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran daring di SD Negeri 2 Petahunan Pekuncen Banyumas yaitu dengan mengadakan pertemuan dengan siswa tiga kali seminggu, memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa, bekerjasama dengan orang tua, memastikan kesiapan siswa untuk belajar dan yang terakhir ialah pemakaian media pembelajaran. Kata Kunci : Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 2 PETAHUNAN PEKUNCEN BANYUMAS Tsania Fithra Rosyida 1717405169 [email protected] ABSTRAK Adanya pandemi covid-19 megharuskan setiap sekolah menerapkan pembelajaran daring untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Penerapan pembelajaran daring menimbulkan permasalahan seperti siswa kurang dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan usaha yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 3 SD Negeri 2 Petahunan Pekuncen Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran daring di SD Negeri 2 Petahunan Pekuncen Banyumas yaitu dengan mengadakan pertemuan dengan siswa tiga kali seminggu, memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa, bekerjasama dengan orang tua, memastikan kesiapan siswa untuk belajar dan yang terakhir ialah pemakaian media pembelajaran. Kata Kunci : Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tsania Fithra Rosyida sdri
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:01
Last Modified: 31 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21629

Actions (login required)

View Item View Item