IMPLEMENTASI PENGELOLAAN TANAH EKS BENGKOK DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 9 TAHUN 2018 PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH (STUDI ATAS PEMANFAATAN TANAH EKS BENGKOK DI KELURAHAN KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT)

Achmad, Luthfi Chakim (2023) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN TANAH EKS BENGKOK DALAM PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUMAS NOMOR 9 TAHUN 2018 PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH (STUDI ATAS PEMANFAATAN TANAH EKS BENGKOK DI KELURAHAN KARANGLEWAS LOR PURWOKERTO BARAT). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Achmad Luthfi Chakim_Implementasi Pengelolaan Tanah Eks Bengkok dalam Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 9 Tahun 2018 Perspektif Siyasah Maliyah (Studi atas Pemanfatan Tanah Eks Bengkok di Karanglewas Lor).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengelolan tanah eks bengkok merupakan pengelolaan tanah yang berasal dari sumber pendapatan dan kekayaan desa yang desanya telah berubah menjadi kelurahan beserta bangunan dan tanaman yang ada diatasnya serta tanah lainnya yang dimiliki oleh kelurahan. Pengelolaan tanah eks bengkok di Kelurahan Karanglewas Lor, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat setempat. Namun dalam faktanya, pengelolaan tanah eks bengkok masih belum sesuai dengan prosedur dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan mengkaji analisis Implementasi Pengelolaan Tanah Eks Bengkok dalam Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 9 Tahun 2018 Perspektif Siyasah Maliyah (Studi atas Pemanfaatan Tanah Eks Bengkok di Kelurahan Karanglewas Lor Kecamatan Purwokerto Barat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris yang menghasilkan analisa yang diperoleh dari data lapangan, dengan data primer Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penataan Desa dan hasil wawancara dengan narasumber Lurah Karanglewas Lor, Staf bidang aset Kelurahan Karanglewas Lor, Kepala Sub Bidang Perubahan Status Hukum dan Pengamanan Aset Daerah. Dengan data sekunder berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan tanah eks bengkok di Kelurahan Karanglewas Lor belum sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penataan Desa, yaitu pada proses perpanjangan jangka waktu sewa dan belum menyejahterakan masyarakatnya secara maksimal. Ditinjau dari sudut pandang siyasah maliyah, pengelolaan tanah eks banda di Kelurahan Karanglewas Lor belum mendatangkan maslahat secara maksimal bagi masyarakat Kelurahan Karanglewas Lor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Tanah Eks Bengkok, Siyasah Maliyah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Achmad Luthfi Chakim sdr
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:59
Last Modified: 31 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item