Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Nilai Moderasi Beragama di Smp Islam Al Fattah Banyumas

Muhamad, Nurhuda Awalun (2023) Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Nilai Moderasi Beragama di Smp Islam Al Fattah Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD NURHUDA AWALUN_MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PEMBELAJARAN ASWAJA DALAM PEMBENTUKAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMP ISLAM AL FATTAH BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perbedaan kemampuan siswa dalam belajar menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh guru. Ketidaktepatan model pembelajaran yang digunakan akan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran kontekstual yang digunakan guru pada mata pelajaran Aswaja di SMP Islam al Fattah Banyumas sebagai solusi dari perbedaan kemampuan siswa di sekolah. Disisi lain, pembelajaran Aswaja mengandung nilai-nilai moderasi beragama yang penting dimiliki siswa untuk membendung faham radikalisme yang akan merusak moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aswaja dalam membentuk nilai moderasi beragama siswa SMP Islam Al Fattah Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan triangulasi data. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Aswaja SMP Islam Al Fattah Banyumas telah melaksanakan model pembelajaran kontekstual dengan baik komponen konstruktifisme (contructifism), kegiatan bertanya (questioning), menemukan (inquiry), pemodelan (modeling) dan penilaian sebenarnya (authentic assessment). Pada komponen yang lain yaitu komponen masyarakat belajar belum dilakukan kegiatan diskusi kelompok sehingga pembelajaran aktif belum terlaksana lebih maksimal. Dalam pembentukan moderasi beragama, pembelajaran Aswaja dapat mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa seperti komitmen kebangsaan, toleransi anti radikalisme dan akomodatif terhadap budaya lokal. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran Aswaja, Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Nurhuda Awalun sdr
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:58
Last Modified: 31 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item