PENJUALAN PROPERTI YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERJANJIAN ANTARA AGEN DAN PEMILIK PROPERTI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Rayyan Property Purwokerto)

Sely, Oktaningsih (2023) PENJUALAN PROPERTI YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERJANJIAN ANTARA AGEN DAN PEMILIK PROPERTI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Rayyan Property Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SELY OKTANINGSIH _1817301036 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rayyan Property Purwokerto merupakan salah satu agen properti syariah di area Purwokerto yang selalu berusaha mengatur penjualan properti berdasar prinsip syariah. Namun dalam praktiknya ada ketidaksesuaian tindakan agen dengan akad perjanjian yang dilakukan antara agen dengan pemilik properti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akad perjanjian properti antara agen dan pemilik properti, serta bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap penjualan properti yang tidak sesuai dengan perjanjian antara agen dan pemilik properti di Rayyan Property Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif empiris. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder dari Fatwa DSN-MUI. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akad perjanjian properti antara agen dan pemilik ialah menggunakan akad wakalah bil ujrah. Akad agen dengan pemilik ruko dilakukan secara lisan dan bersifat mutlak (muthlaqah). Sedangkan akad dengan para pemilik rumah secara tertulis bersifat terbatas (muqayyadah) dengan surat kuasa penjualan ditandatangani kedua belah pihak. Harga properti yang dijual tidak sesuai dengan ketentuan pemilik tidak menjadi masalah karena dengan sepengetahuan pemilik. Pandangan hukum ekonomi syariah terhadap penjualan properti yang tidak sesuai perjanjian antara agen dengan pemilik di Rayyan Property Purwokerto adalah boleh, karena sudah sesuai dengan rukun syarat wakalah bil ujrah bahwa para pihak yang berakad saling rela tanpa ada paksaan terhadap transaksi yang dilakukan. Tindakan agen terhadap penjualan properti sesuai syariah karena jujur, tidak merugikan, dan tindakannya itu lebih baik bagi muwakkil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjualan Properti, Agen, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sely Oktaningsih sdri
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:29
Last Modified: 31 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item