PENERAPAN METODE HIFDI DAN METODE ISTIKRORIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB IMRITI DI PONDOK PESANTREN HILYATUL QUR’AN TUMIYANG, KABUPATEN BANYUMAS

Izzul, Fata Annaji (2023) PENERAPAN METODE HIFDI DAN METODE ISTIKRORIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB IMRITI DI PONDOK PESANTREN HILYATUL QUR’AN TUMIYANG, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IZZUL FATA ANNAJI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran Hifdzi adalah metode yang digunakan dalam menghafal misalnya pada sejumlah kata-kata (Mufrodat). Metode Istikroriyah merupakan Metode dengan pengulangan kata. Pondok Pesantren Hilyatul Qur’an adalah suatu yayasan Pondok pesantren yang dikenal dengan salafnya dan pembelajaran kitab kuning. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diambil adalah terkait pada penerapan metode hifdi dan istikroriyah dan juga apa saja kendala yang dialami. Metode pembelajaran ini memiliki tujuan atau manfaat dalam menganalisa metode hifdi dan istikroriyah, mendeskripsikan kendala dalam metode hifdi dan istikroriyah pada pembelajaran kitab Imriti yang diterapkan di PPHQ (Pondok Pesantren Hilyatul Qur’an) Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode teknik pengumpulan data yang diterapkan diantaranya wawancara, observasi serta dokumentasienelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan Ustadzah dan Para santri diterapkan sebagai subjek dalam penelitian ini yang mana jumlah santri seluruh adalah 38 santri. Adapun hasil penelitian yang telah diterapkan Pondok Pesantren Hilyatul Qur’an yaitu terkait metode pembelajaran pada kelas imriti, penggunaan dua metode yang dilakukan ustadzah diantaranya metode hifdi dan istikroriyah. Metode Hifdi adalah metode teknik dengan hafalan dan Metode Istikroriyah adalah metode teknik pengulangan. Penerapan metode hifdi dan metode Istikroriyah di Pondok Pesantren Hilyatul Qur’an ada 3 tahap yang di tempuh. Yang pertama tahap perencanaan, kedua tahap pelaksanaan, ketiga tahap evaluasi. Dalam penelitian ini metode yang diterapkan oleh ustadzah untuk membantu para santri pada pembelajaran, serta santri dapat mudah dalam lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Hifdi dan Istikroriyah, Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Imrithi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.3 Kitab-Kitab Allah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Izzul Fata Annaji sdr
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:44
Last Modified: 29 Jul 2023 04:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21600

Actions (login required)

View Item View Item