Kepemimpinan Al-Mu'iz Lidinillah dan Perannya dalam Perkembangan Dinasti Fatimiyah di Mesir (953-975 M)

Tri, Nurul Mukti (2023) Kepemimpinan Al-Mu'iz Lidinillah dan Perannya dalam Perkembangan Dinasti Fatimiyah di Mesir (953-975 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri Nurul Mukti_Kepemimpinan Al-Mu'iz Lidinillah dan Perannya dalam Perkembangan Dinasti Fatimiyah di Mesir (953-975 M).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan khalifah Al-Mu’iz Lidinillah pada masa Dinasti Fatimiyah (953-975 M) dan mendeskripsikan peran Al-Mu’iz Lidinillah dalam mengembangkan Dinasti Fatimiyah (953-975 M). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan yang dikemukakan oleh Max Weber. Terdapat tiga jenis kepemimpinan menurut Max Weber yaitu karismatik, tradisional dan legal-rasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yang metode penelitiannya menggunakan metode penelitian sejarah. Langkah-langkah dalam metode penelitian sejarah meliputi: pemilihan topik, pengumpulan data atau sumber (heuristik), melakukan kritik terhadap data atau sumber yang dikumpulkan (verifikasi), analisis (interpretasi) dan penulisan (historiografi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, khalifah Al-Mu’iz Lidinillah adalah khalifah ke-4 Dinasti Fatimiyah yang memimpin pada tahun 953-975 Masehi dan seorang khalifah cerdas yang berhasil membawa Dinasti Fatimiyah kepada awal kejayaannya serta melakukan beberapa strategi dalam kepemimpinanya seperti (mempertahankan wilayah kekuasaannya, menjalin hubungan luar negeri, memperluas wilayah, memindahkan pusat pemerintahan dan membuat kebijakan). Kedua, khalifah Al-Mu’iz Lidinillah berperan dalam mengembangkan Dinasti Fatimiyah. Peran yang paling membekas adalah melakukan pembangunan masjid Al-Azhar yang bangunannya masih ada hingga saat ini bahkan telah diubah menjadi universitas pada masa khalifah Al-Aziz Nazzar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Mu’iz Lidinillah, Kepemimpinan dan Dinasti Fatimiyah
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Tri Nurul Mukti sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:14
Last Modified: 29 Jul 2023 04:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item