PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DI KELAS I MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KABUPATEN BANYUMAS

Septi Masrurotul Khasanah, 1223305098 (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DI KELAS I MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SEPTI MASRUROTUL KHASANAH -- PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVEV _ BAB I _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan musikal merupakan kemampuan dalam memahmi, menikmati, membedakan, menciptakan, mengubah musik dan kemampuan mengekspresikan bentuk musik. Kecerdasan musikal yang dimiliki oleh seseorang tidak akan berkembang manakala tidak didukung dengan program pendidikan yang sesuai. Program pendidikan yang dilaksanakan di madrasah untuk mendukung mengembangkan kecerdasan musikal siswa dalam bidang seni musik adalah dengan mengadakan kegiatan bernyanyi dan memainkan alat musik sejak kelas I. Sebagai wadah pengembangan kecerdasan musikal bagi siswa. Dalam pelaksanaannya proses identifikasi sangat penting dilakukan oleh guru untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Selain proses identifikasi, dalam mengembangkan musikal juga sangat penting akan adanya perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian untuk mencapai tujuan yang diinginkan sebagai tolak ukur keberhasilan pengembangan kecerdasan musikal siswa Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kuallitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Subjek penelitian adalah guru kelas I, Siswa-siswi kelas I dan Kepala MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Objek penelitian adalah pengembangan Kecerdasan Musikal Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Kelas I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul merupakan salah satu madrasah yang berhasil melaksanakan pengembangan kecerdasan musikal siswa menggunakan Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di Kelas I. dapat dilihat melalui kemampuan siswa dalam bernyanyi dan memainkan alat musik di kelas I semakin mahir dan penampilan-penampilan mereka dalam sebuah festival atau even-even tertentu yang dilaksanakan di Sekolah. Selain itu keberhasilan lain dapat dilihat dari mereka yang mengikuti lomba-lomba diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Musikal, Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:59
Last Modified: 17 Feb 2017 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item