Penolakan Gugatan Warga Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tentang Penambangan Batuan Andesit Perspektif Maslahah (Studi Analisis Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor: 68/G/PU/2021/PTUN.SMG)

Ima, Hikmaya Febrianti (2023) Penolakan Gugatan Warga Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tentang Penambangan Batuan Andesit Perspektif Maslahah (Studi Analisis Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor: 68/G/PU/2021/PTUN.SMG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IMA HIKMAYA FEBRIANTI_Penolakan Gugatan Warga Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tentang Penambangan Batuan Andesit Perspektif Maslahah (Studi Analisis Pengadilan Tata Usaha Negara Nomor 68GPU2021PTUN..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembangunan Bendungan Bener yang berlokasi di wilayah Kabupaten Purworejo merupakan pembangunan bendungan yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam proses pengadaan tanahnya terdapat polemik yang terjadi di Desa Wadas, karena pengadaan tanah di lokasi tersebut akan dijadikan Penambangan Batuan Andesit sebagimana SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 590/20 Tahun 2021. Warga Desa Wadas menganggap bahwa Keputusan tersebut tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, masyarakat Desa Wadas mengajukan gugatan ke PTUN Semarang dengan register perkara Nomor: 68/G/PU/2021/PTUN.SMG. Namun berdasarkan Putusan PTUN tersebut, gugatan masyarakat Desa Wadas ditolak. Penulis menganalisis gugatan Warga Desa Wadas Pada Penambangan Batuan Andesit dan penolakannya oleh pengadilan perspektif maslahah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan yang menggunakan Putusan PTUN Nomor: 68/G/PU/2021/PTUN.SMG sebagai objek penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kasus (case approach) yaitu telaah terhadap gugatan Warga Wadas terhadap kegiatan Penambangan Batuan Andesit dan Penolakannya oleh Pengadilan berdasarkan putusan PTUN Semarang yang telah inkracht. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu studi pustaka. Sumber data primer yang digunakan ialah salinan Putusan PTUN Nomor: 68/G/PU/2021/PTUN.SMG. Berdasarkan hasil analisis, masyarakat menganggap bahwa Pertambangan Batuan Andesit merupakan bentuk kemudaratan. Namun jika ditinjau dari segi kemaslahatannya, penolakan warga terhadap Penambangan Batuan Andesit merupakan kemaslahatan yang bersifat khusus jika dibandingkan dengan penolakan oleh Pengadilan. Karena menurut pertimbangan hakim, Penambangan Batuan Andesit di Desa Wadas telah sesuai. Penambangan ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan material Pembangunan Bendungan Bener yang nantinya Bendungan Bener ini akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Purworejo (kemaslahatan yang bersifat umum). Apabila terdapat kemaslahatan yang bertentangan antara kemaslahatan umum dengan kemaslahatan khusus, maka Islam mendahulukan kemaslahatan umum daripada kemaslahatan khusus. Kata kunci: Analisis Putusan PTUN, Penolakan, Penambangan Batuan Andesit, Maslahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Putusan PTUN, Penolakan, Penambangan Batuan Andesit, Maslahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ima Hikmaya Febrianti sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:14
Last Modified: 29 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item