PERAN KIAI AHMAD SHOIMAN DALAM TRANSFORMASI KEISLAMAN MASYARAKAT DESA SEMANDING, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN (1971-2010 M)

Nur, Alifah (2023) PERAN KIAI AHMAD SHOIMAN DALAM TRANSFORMASI KEISLAMAN MASYARAKAT DESA SEMANDING, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN (1971-2010 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Alifah_Peran Kiai Ahmad Shoiman dalam Transformasi Keislaman Masyarakat Desa Semanding, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen (1971-2010 M).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap biografi dan peran Kiai Ahmad Shoiman dalam transformasi keislaman masyarakat Desa Semanding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang memuat empat tahapan (heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi), serta menggunakan pendekatan historis. Pendekatan historis digunakan untuk mengetahui biografi atau sejarah hidup Kiai Ahmad Shoiman, mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, hingga kehidupan sosial-historisnya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran, teori sosio-kultural, dan teori biografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kiai Ahmad Shoiman lahir di Desa Cikawung pada tahun 1946 M. Ia mempelajari ilmu agama di Pondok Pesantrel Manba’ul Huda, Genukwatu, Ngoro, Jombang. Setelah itu ia dijodohkan oleh pengasuh pondok yaitu K.H. Shodiq Mushlih dengan Kartinah yang merupakan saudara dari Istrinya. Sejak perjodohan tersebut, Kiai Ahmad Shoiman menetap di Desa Semanding dan melakukan peranannya. Peran Kiai Ahmad Shoiman dalam transformasi keislaman masyarakat Desa Semanding yang utama adalah sebagai pengajar agama bagi masyarakat Desa Semanding, menjadi penasihat keagamaan, membentuk dan memperkuat tata nilai dan etika sosial masyarakat Desa Semanding, serta memimpin pendirian Masjid dan Mushola sebagai pusat kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kiai Ahmad Shoiman, Peran, Transformasi Keislaman
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Nur Alifah sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 00:57
Last Modified: 29 Jul 2023 00:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item