IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH BOJANEGARA KECAMATAN SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA

Sutrimah, Sutrimah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH BOJANEGARA KECAMATAN SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SUTRIMAH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH BOJANEGARA KECAMATAN SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA_1917405001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter religius merupakan pondasi awal yang dibutuhkan dalam membangun karakter yang berkualitas dibina sejak usia dini karena masa yang tepat dalam pembentukan karakter dalam diri seseorang. Akan tetapi, masih terlihat peserta didik yang belum memiliki karakter yang baik, misalnya penggunaan bahasa dan kata-kata yang kurang sopan oleh peserta didik, membudayanya kebohongan/ ketidakjujuran, adanya rasa saling curiga. Pembelajaran Akidah akhlak dapat menjadi sarana yang tepat dalam melaksanakan pendidikan karakter religius, maka setiap sekolah perlu mengimplementasikannya agar nilai-nilai pendidikan karakter dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang berusaha untuk menerapkannya yaitu MI Muhammadiyah Bojanegara. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian pendidikan karakter melalui pembelajaran akidah akhlak dikelas IV Mi Muhammadiyah Bojanegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti datang langsung ke tempat penelitian yaitu MI Muhammadiyah Bojanegara, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak kelas IV, peserta didik kelas IV, dan Kepala Madrasah MI Muhammadiyah Bojanegara. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah mengupayakan pengimplementasian pendidikan karakter pada pembelajaran Akidah akhlak yang disesuaikan dengan RPP yang sudah disusun sebelumnya. Yang didalamnya menggunakan berbagai metode yang menjadi pedoman dalam menerapkan pendidikan karakter religius seperti metode pembelajaran meliputi ceramah, diskusi, pembiasaan dan keteladanan. Dari nilai pendidikan karakter religius yang diajarkan diantaranya bertutur kata yang baik, berakhlaqul karimah, jujur, menurut peneliti berhasil diterapkan. Kata kunci : Karakter religius, Akidah akhlak, Kelas IV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter religius, Akidah akhlak, Kelas IV
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sutrimah Sutrimah sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:52
Last Modified: 29 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item