ANALISIS STRATEGI KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PETERNAK AYAM BROILER (Studi Pada Albarra Farm di Desa Seloharjo Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul)

UUD, NUR AI'SAH (2023) ANALISIS STRATEGI KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PETERNAK AYAM BROILER (Studi Pada Albarra Farm di Desa Seloharjo Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
UUD NUR AISAH_ANALISIS STRATEGI KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PETERNAK AYAM BROILER (Studi Pada Albarra Farm di Desa Seloharjo Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul)..pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa peternakan di Desa Seloharjo dan tempatnya terpusat. Ketika terjadi fenomena penurunan pendapatan terdapat peternakan yang tidak terpengaruh atau tidak mengalami penurunan yang signifikan, peternakan tersebut yaitu Albarra Farm. Setelah diketahui peternakan Albarra Farm menggunakan sistem kemitraan dimana dalam kemitraan tersebut terdapat jaminan harga yang memungkinkan peternak tidak mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Dari hal tersebut, penulis tertarik untuk menganalisis apakah sistem kemitraan memiliki dampak terhadap pendapatan peternak yang naninya akan meningkatkan perekonomian peternak tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis sistem kemitraan dan peran kemitraan terhadap peningkatan perekonomian pada Albarra Farm di Desa Seloharjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Albarra Farm dalam meningkatkan perekonomian menggunakan perencanaan strategi kemitraan. Kemitraan yang dilakukan adalah pola kemitraan inti-plasma. Dalam pola kemitraan ini perusahaan memberikan pelayanan teknis, membuat perhitungan laba rugi, memasarkan hasil panen, sebagai penyedia sarana produksi peternakan (sapronak) berupa DOC, pakan, obat-obatan, vitamin dan vaksin. Sedangkan peternak harus memastikan dalam pemeliharaan ayam broiler dilakukan dengan baik dan memberikan informasi terkait perkembangan ayam broiler ke perusahaan mitra. (2) Pelaksanaan kemitraan memiliki dampak dalam peningkatanperekonomian yaitu mampu membuka lapangan pekerjaan, memperoleh pendapatan dan pendapatan meningkat, memperoleh keuntungan yang cukup besar, terpenuhinya kebutuhan primer, sekunder dan tersier peternak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kemitraan, Peningkatan Perekonomian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Uud Nur Ai'sah sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:53
Last Modified: 29 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item