Analisis SWOT Kompetensi Guru dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Sekecamatan Bobotsari Purbalingga

Arif, Hidayat (2023) Analisis SWOT Kompetensi Guru dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Sekecamatan Bobotsari Purbalingga. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arif Hidayat_Analisis SWOT Kompetensi Guru dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Sekecamatan Bobotsari Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai ujung tombak kebijakan pendidikan perlu diidentifikasi kompetensi terkhusus dalam persiapan implementasi kurikulum merdeka. Tanpa didukung kompetensi guru implementasi kurikulum merdeka tidak akan berhasil. Empat kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Faktor faktor penghambat dan pendukung kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka menjadi bahan menarik untuk dikaji diteliti dan kemudian dijadikan dasar untuk perbaikan agar implementasi kurikulum merdeka khususnya di madrasah ibtidaiyah kecamatan Bobotsari sesuai yang diharapkan. Penelitian ini mengambil data berupa observasi, wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Pengambilan data dengan cara tersebut diyakini dapat memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang perisapan implementasi kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah sekecamatan Bobotsari, Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah guru kelas satu dan empat MI se-kecamatan Bobotsari yang akan menerapkan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024. Analisis data menggunakan analisis SWOT, yaitu analisis yang membaca kekuatan, kelemahan dan peluang serta ancaman. Dengan model analisis ini dapat menemukan langkah tepat strategi implementasi kurikulum merdeka. Sejalan dengan hasil penelitian, menunjukan bahwa kompetensi kepribadian dan sosial umumnya sudah baik. Sedangkan kompetensi pedagogik dan profesional perlu diperbaiki. Dalam kompetensi pedagogik indikator kompetensi yang menjadi kekurangan atau kelemahan yakni; penguasaan guru terhadap karakteristik peserta didik, penguasaan guru yang belum baik terhadap teori belajar, dan pembelajaran yang mendidik; pengembangan kurikulum dan pengembangan potensi peserta didik, yang menjadi perhatian penting untuk diperbaiki. Dalam kompetensi keprofesionalan dua aspek indikator kompetensi keprofesionalan guru yaitu menguasai materi, struktur, dan konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, serta pengembangan keprofesionalan melalui tindakan reflektif perlu perbaikan. Sedangkan dalam kompetensi sosial, komunikasi dengan orang tua yang belum maksimal dilakukan oleh guru. Dalam implementasi kurikulum merdeka guru diharapkan fokus terhadap ketuntasan penguasaan materi yang dikuasai peserta didik. Kebiasaan guru lebih mementingkan ketuntasan materi, mengakibatkan fokus pembelajaran lebih berorientasi hasil. Perkembangan teknologi dan informasi harus dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan teori-teori belajar dan prinsip pembelajaran. Guru harus mengikuti mengupdate informasi agar tidak ketinggalan. Keberhasilan kurikulum merdeka juga tidak hanya diserahkan ke guru. Faktor etos kerja yang menurun, tanggung jawab yang kurang, perlu segera dibenahi oleh guru sendiri, kepala madrasah dan pemerintah pada umumnya. Faktor kesejahteraan guru menjadi hal penting yang harus segera diatasi. Keberhasilan kurikulum merdeka juga didukung dengan sarana prasarana pendidikan yang memadai. Hal ini untuk memberikan fasilitas dan layanan pendidikan sesuai dengan potensi, dan karakteristik peserta didik yang beragam. Katan Kunci : Kompetensi Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka; Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka; Analisis SWOT
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arif Hidayat sdr
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:49
Last Modified: 31 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item