UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU 1 CIKAWUNG, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Felinda Nurul, Amalia (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU 1 CIKAWUNG, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FELINDA NURUL AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Cikawung yang dilakukan secara bergatian (shift) antara kelas rendah dan kelas atas dikarenakan kurangnya ruang kelas sehingga mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa. Mengingat sangat pentingnya tingkat motivasi belajar siswa yang akan berdampak pada hasil belajar, guru kelas semaksimal mungkin dengan berbagai upayanya untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI MI Ma’arif NUl 1 Cikawung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU 1 Cikawung, Banyumas. Subjek penelitian ini meliputi, guru kelas VI, siswa kelas VI dan kepala madrasah. Hasil pelnelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI MI Ma’arif NUl 1 Cikawung, Banyumas tahun pelajaran 2022/2023 yaitu guru melakukan pengondisian kelas kondusif, menjelaskan tujuan pembelajaran secara rinci, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, melibatkan siswa dalam pelmbelajaran, membantu kesulitan belajar siswa, memberikan ice breaking, memberi reward dan punishment kepada siswa, menggunakan variasi media pembelajaran atau alat peraga, serta pengadaan evaluasi pelmbelajaran. Hambatan yang terjadi pada upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI MI Ma’arif NU 1 Cikawung, Banyumas tahun pelajaran 2022/2023 yaitu keterbatasan fasilitas yang mendukung dalam belajar, keterbatasan media pembelajaran, siswa yang kurang terbuka kepada guru, serta perbedaan kemampuan siswa dalam belajar sehingga peru menyesuaikan cara belajar masing-masing siswa. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Felinda Nurul Amalia sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:19
Last Modified: 29 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item View Item