IMPLEMENTASI PASAL 104 AYAT 2 KOMPILASI HUKUM ISLAM MENGENAI RADHA’AH PADA WANITA KARIER (STUDI KASUS DI DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS)

MAULIDA, AMINATUZ ZUHRIYAH (2023) IMPLEMENTASI PASAL 104 AYAT 2 KOMPILASI HUKUM ISLAM MENGENAI RADHA’AH PADA WANITA KARIER (STUDI KASUS DI DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MAULIDA AMINATUZ ZUHRIYAH_IMPLEMENTASI PASAL 104 AYAT 2 KOMPILASI HUKUM __ISLAM MENGENAI RADHA’AH PADA WANITA KARIER __(STUDI KASUS DI DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN KEDUNGBANTENG .pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Radha’ah dalam Pasal 104 Ayat 2 Kompilasi Hukum Islam ini ialah “Penyusuan dilakukan untuk paling lama dua tahun, dan dapat dilakukan penyapihan dalam masa kurang dua tahun dengan persetujuan ayah dan ibunya”. Alasan peneliti mengambil penelitian ini adalah seiring perkembangan zaman saat ini banyak wanita yang bekerja demi menghidupi keluarga dengan alasan karena tuntutan pekerjaan atau memang karena keinginan dirinya sendiri untuk tetap berkarya sehingga berdampak pada anak karena memiliki sedikit waktu dengan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses radha’ah pada wanita karier yang sesuai dengan Pasal 104 Ayat 2 Kompilasi Hukum Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan berdasarkan teori, konsep, asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berlandaskan Hukum Islam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan cara terjun langsung pada lapangan melalui teknik observasi, studi dokumenter dan menggunakan teknik wawancara. Populasinya adalah wanita karier yang masih berusia muda sekitar umur tiga puluhan di desa Kedungbanteng yang memiliki anak lebih dari satu dan masih menyusui yang dalam kesehariannya mempunyai kesibukan bekerja di luar rumah. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman wanita karier di desa Kedungbanteng mengenai radha’ah sudah memiliki pemahaman yang bagus, pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk tumbuh kembang anak karena tidak dapat tergantikan oleh susu formula yang mahal sekalipun. Melainkan dalam implementasi penyusuan pada anak pertamanya masih ada yang tidak sesuai dengan pemahamannya. Namun untuk anak kedua sudah sesuai dengan Pasal 104 Ayat 2 Kompilasi Hukum Islam yaitu disusui sampai dengan usia dua tahun atas persetujuan ayah dan ibunya, dan terdapat perbedaan antara anak yang disusui selama dua tahun penuh dengan yang kurang dari dua tahun atas kondisi kesehatan dan kecerdasan. Kata kunci: Radha’ah, Penyusuan, Wanita Karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radha’ah, Penyusuan, Wanita Karier, sepersusuan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.39 Aspek Munakahat lain (KB, Bayi tabung dll)
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Maulida Aminatuz Zuhriyah sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:38
Last Modified: 29 Jul 2023 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item