JUAL BELI MOBIL STNK ONLY PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM POSITIF INDONESIA (STUDI KASUS PADA PARA KLIEN BRO KONSULTASI DAN BANTUAN HUKUM FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERT)

Kamto, kamto (2023) JUAL BELI MOBIL STNK ONLY PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM POSITIF INDONESIA (STUDI KASUS PADA PARA KLIEN BRO KONSULTASI DAN BANTUAN HUKUM FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERT). Masters thesis, UIN Prof.K.H.Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
tesis-1.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fenomena jual beli barang seiring perkembangan zaman pun semakin bervariasi. Saat ini banyak praktik jual beli kendaraan STNK only, yaitu jual beli kendaraan yang hanya memiliki legalitas STNK saja, padahal legalitas yang seharusnya adalah STNK dan BPKB dimana asal barang tersebut dari hasil penggelapan rental, atau malah dari seorang debitur yang menjaminkan BPKB kepada Kreditur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan yuridis sosiologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian ini nmengunakan analisis kualitatif. Hasil wawancara dengan para klien BKBH Universitas Muhammadiyah Purwokerto terdapat tiga kasus, jual beli mobil STNK Only. Kasus pertama unit mobil dari hasil kejahatan penggelapan yang terdapat praktek tadlis dalam akadnya. Kasus kedua adalah jual beli karena darurat untuk menyelamatkan mobil dari pengambilan paksa kreditur. Kasus ketiga adalah jual beli fasad karena syaratnya tidak terpenuhi yaitu Praktek jual beli mobil STNK Only pada para klien Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, terdapat praktek tadlis unit mobil dari hasil penggelapan. Kemudian klien kedua atau ibu AN jual beli tersebut hanya boleh dilakukan dalam kondisi darurat, secara hukum positif tidak ada resiko yang membahayakan. Pada klien ketiga atau bapak MG jual beli tersebut adalah jual beli fasad dan secara hukum positif tidak bisa dijerat baik dengan hukum pidana, maupun hukum perdata. Kata Kunci : Mobil STNK Only, Jual Beli, Klien BKBH

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mobil STNK Only, Jual Beli, Klien BKBH
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Kamto Kamto sdr
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:11
Last Modified: 29 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21527

Actions (login required)

View Item View Item