ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN UNTUK KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM). (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KRACAK KECAMATAN AJIBARANG)

Wahida, Khusnul Khotimah (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN UNTUK KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM). (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KRACAK KECAMATAN AJIBARANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WAHIDA KHUSNUL KHOTIMAH_ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAMPINGAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN UNTUK KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM). (STUDI KASUS DESA KRACAK KEC AJIBARANG).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum, kemiskinan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, terutama pada kebutuhan pangan sehari-hari, kurangnya penghasilan keluarga yang memadai, dan pelayanan kesejahteraan sosial yang sering kali dikucilkan. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program bantuan sosial pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Melalui PKH, dapat mendorong masyarakat dalam mengakses pelayanan sosial seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Sebagaimana salah satu permasalahan yang dialami KPM PKH di Desa Kracak sebagai masyarakat yang mengeluh tidak menerima bantuan PKH. Fokus penelitian yang ingin dicapai jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pendampingan PKH dalam pemanfaatan dana bantuan untuk KPM dan bagaimana keberhasilan pendampingan dalam pemanfaatan dana bantuan PKH di Desa Kracak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH di Desa Kracak telah berjalan secara efektif diukur dengan empat indikator yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, pengetahuan dan ketepatan tujuan, serta pemantauan program. Adapun permasalahan yang dijumpai di lapangan terkait adanya KPM yang tidak menerima bantuan PKH karena status KPM sudah tidak efektif (NE-not effective). Disisi lain, terdapat aspek keberhasilan PKH diantaranya: 1) pemenuhan kebutuhan pokok; 2) peningkatan kualitas kesehatan; 3) peningkatan kualitas pendidikan anak; 4) mengurangi beban pengeluaran; 5) menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Efektivitas, PKH.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.5 Problem and Service to the Poor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahida Khusnul Khotimah sdri
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:07
Last Modified: 29 Jul 2023 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item View Item