PERAN TERAPI RUQYAH DALAM PENYEMBUHAN PSIKOLOGIS PENDERITA STROKE DI DESA GEMBONG BOJONGSARI PURBALINGGA

Aulia, Nur Azizah (2023) PERAN TERAPI RUQYAH DALAM PENYEMBUHAN PSIKOLOGIS PENDERITA STROKE DI DESA GEMBONG BOJONGSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AULIA NUR AZIZAH_PERAN TERAPI RUQYAH DALAM PENYEMBUHAN PSIKOLOGIS PENDERITA STROKE DI DESA GEMBONG BOJONGSARI PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini membahas mengenai peran terapi ruqyah dalam penyembuhan psikologis pada penderita stroke. Stroke adalah sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kecemasan berlebih pada penderitanya. Adapun alternatif untuk mengatasi rasa takut dan kecemasan pada penderita stroke yaitu dengan terapi ruqyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara objektif, mendalam serta menyeluruh tentang peran terapi ruqyah dalam penyembuhan psikolgis penderita stroke di Desa Gembong Bojongsari Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang hasilnya tidak diperoleh melalui mekanisme statistik atau perhitungan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perubahan setelah melakukan terapi ruqyah ada penurunan kecemasan pada pasien. Terapi ruqyah dapat memberikan pengaruh yang baik dalam menurunkan kecemasan serta memberikan ketenangan bagi penderita stroke yang mengalami rasa takut dan kecemasan. Terapi ruqyah merupakan salah satu alternatif pengobatan penyakit medis ataupun non medis yang dilakukan dengan membacakan doa dan ayat al-Quran dengan izin Allah SWT. Terapi ruqyah yang dilakukan untuk penyembuhan psikologis pada penderita stroke di Desa Gembong yaitu menggunakan beberapa metode seperti memijat yaitu memijat bagian tengkuk leher, punggung belakang, ibu jari kaki serta menggunakan metode air yang telah dibacakan doa dan ayat al-Qur’an. Berdasarkan hasil dari terapi ruqyah yang telah dilakukan pada penderita stroke yang mengalami kecemasan dapat diketahui bahwa ruqyah dapat memberikan pengaruh yang sangat baik untuk menghilangkan kecemasan dan memberikan ketenangan bagi penderita stroke.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruqyah, Psikologis, Stroke
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aulia Nur Azizah
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:46
Last Modified: 28 Jul 2023 08:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item View Item