Umi, Hasanah (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA'ARIF KALIWIRO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
UMI HASANAH_INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA'ARIF KALIWIRO.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai-nilai karakter kejujuran pada peserta didik mulai terkikis secara perlahan terhadap berbagai pengaruh, sehingga mereka belum memiliki kepribadian yang baik dan cendrung labil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran matematika dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai karakter kejujuran di MI Ma’arif kaliwiro. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menginternalisasikan nilai karakter kejujuran yang dilaksanakan di MI Ma’arif Kaliwiro dapat diketahui melalui RPP yang dibuat oleh guru, adapun pelaksanaan pembelajaran di kelas guru memberikan pembiasaan, keteladanan serta punishment (hukuman) dan evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dengan penilaian sikap kejujuran. Dampak dari implementasi internalisasi nilai karakter jujur yaitu peserta didik menyadari pentingnya nilai kejujuran, peserta didik terbiasa menerapkan sikap jujur dengan tidak mencontek teman, mengetahui sebab dan akibat tidak berbuat jujur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, kejujuran, Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umi Hasanah sdri |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21519 |
Actions (login required)
View Item |