PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI (STUDI KASUS PADA GURU MADRASAH DI KECAMATAN PURWOJATI)

Sasa, Aisah Juniati (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI (STUDI KASUS PADA GURU MADRASAH DI KECAMATAN PURWOJATI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SASA AISAH JUNIATI_PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, GAYA HIDUP, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI (STUDI KASUS GURU MADRASAH DI KECAMATAN PURWOJATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manajemen keuangan pribadi yang merupakan ketrampilan penting dalam mengelola keuangan seseorang secara efektif. Dalam era ekonomi yang semakin kompleks dan beragam ini, faktor-faktor seperti literasi keuangan syariah, gaya hidup dan lingkungan sosial dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama maupun secara individu antara variabel literasi keuangan syariah, gaya hidup dan lingkungan sosial terhadap manajemen keuangan pribadi pada guru madrasah di kecamatan Purwojati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan keusioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di kecamatan purwojati berjumlah 82 guru. Sampel diperoleh sebanyak 82 guru dengan metode total sampling, dengan seluruh populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan syariah berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, dan lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi pada guru madrasah di kecamatan Purwojati. Secara simultan Literasi keuangan syariah, gaya hidup dan lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembiayaan di bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan syariah, gaya hidup, lingkungan sosial, manajemen keuangan pribadi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sasa Aisah Juniati sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:54
Last Modified: 28 Jul 2023 08:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item